Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara perbaikan modul AC split

Juraganacee.com - modul atau yang sering kita sebut dengan istilah mainboard, adalah sebuah komponen elektronik yang berfungsi sebagai pengendali komponen atau rangkaian kelistrikan pada sebuah alat elektronik.

Modul seperti ini juga di gunakan untuk perangkat seperti AC, mesin cuci, water heater dan lain sebagainya, dan di artikel ini, kita akan membahas tentang sebuah modul yang ada pada AC split, modul pada AC split bisa mengalami kerusakan yang di sebabkan oleh beberapa faktor. Dan pada artikel kali ini kita akan membahas tentang faktor apa saja yang bisa menyebabkan kerusakan pada mainboard AC split.

Cara perbaikan modul AC split
Modul AC split

Faktor penyebab modul AC rusak
  • Tegangan listrik tidak stabil.
  • Terkena kilatan petir.
  • Konsleting atau short pada sambungan elektroniknya.
  • Salah pada sambungan power kelistrikannya.
  • Komponen elektronika di dalam modul rusak atau short.
Cara perbaikan modul AC yang rusak

Beberapa faktor penyebab kerusakan pada AC split di atas masih bisa kita perbaiki dengan cara-cara seperti yang akan saya sebutkan di bawah ini dengan catatan kerusakan tidak terjadi pada Mikro controller nya, karena jika komponen ini yang rusak maka akan sulit dalam perbaikan nya, dikarenakan pengganti komponen ini tidak ada dipasaran.

Untuk kerusakan yang terjadi dan di sebabkan oleh rusaknya Mikro kontrol nya, saya sarankan untuk mengganti modul dengan yang baru. Atau teman-teman bisa mengganti dengan modul universal yang ada dan di jual bebas di pasaran.

Kerusakan yang biasa terjadi pada modul AC split biasanya di sebabkan oleh rusaknya komponen elektronikanya seperti pada IC regulator, elko, transistor, jalur modul putus, atau komponen lainnya.

Sobat bisa memeriksa semua komponen dengan menggunakan multimeter atau avometer, dan jika sudah di ketahui komponen mana saja yang rusak, sobat bisa mencari komponen ini dipasaran atau jika tidak ada di pasaran sobat bisa mencari persamaannya dan menggantinya.

Dengan mengecek PCB  di modulnya anda bisa mencari komponen yang mengalami kerusakan biasanya komponen yang rusak ditandai dengan adanya komponen yang hangus karena terbakar, jika sudah mengetahui komponen tersebut lepas kan menggunakan solder dan carilah penggantinya di toko elektronik di sekitar anda dan pasang kembali pada PCB nya.

Seperti contoh gambar di bawah ini, sebuah modul yang di gunakan di AC split merk panasonic.

Cara perbaikan modul AC split
PCB AC split


Mengganti modul AC dengan yang asli bawaan dari pabrik memang banyak dikeluhkan oleh pemilik AC, karena harganya dibilang mahal kisaran harganya sekitar 500 ribuan ke atas sehingga pemilik AC enggan mengganti dengan yang asli, dan memilih alternatif lain dengan cara menggantinya dengan jenis model universal karena lebih murah dari aslinya.

Oke sobatku! demikianlah artikel saya kali ini tentang cara memperbaiki modul AC split, semoga artikel ini bermanfaat dan salam sukses selalu.


Posting Komentar untuk "Cara perbaikan modul AC split"