Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Genset diesel

JuraganAcee - pernahkah anda mendengar apa itu genset ???

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang genset diesel dan kegunaannya. Genset adalah akronim dari generator set. Yaitu sebuah mesin atau  perangkat yang terdiri dari pembangkit listrik atau generator dengan mesin penggerak yang disusun menjadi satu kesatuan untuk menghasilkan tenaga listrik dengan besaran tertentu. 


Mesin pembangkit tenaga kerja pada genset biasanya terdiri dari motor yang melakukan pembakaran internal  atau mesin diesel  yang bekerja dengan bahan bakar solar atau bensin. Prinsip kerja generator ialah mengubah energi gerak menjadi energi listrik.

Genset listrik pertama ditemukan oleh michael faraday pada tahun 1831,dahulu generator ini berbentuk kawat besi dengan bentuk 'U', yang dililit menggunakan kawat.
Dikenal dengan cakram faraday, dengan menggunakan induksi elektromagnetik generator maknetik ini bekerja dengan mengaktifkan kumparan dalam Medan magnet sehingga muncul energi induksi.

Ada dua komponen utama yaitu sator dan rotor. Rotor akan berhubungan dengan poros generator listrik yang berputar pada pusat stator. Kemudian poros generator listrik seperti yang diputar dengan menggunakan yang berasal dari luar seperti turbin atau turbin uap.

Berdasarkan jenis arus listrik yang dihasilkan, generator listrik dibedakan menjadi  dua macam :
1. Generator listrik alternatif(AC).
2. Generator listrik dinamo(AC).

Generator listrik AC

Pada jenis ini kutub kutub magnet yang berlawanan saling dihadapkan dengan kutub magnet kedua yang dihasilkan dengan Medan magnet, di Medan magnet alam inilah kumparan yang mudah diputar pada porosnya, karena kumparan selalu berputar maka jumlah gaya magnet yang masuk kedalam kumparan juga selalu berubah ubah, sifat dari arus listrik yang dihasilkan oleh generator listrik AC ini berjenis bolak-balik dengan bentuk seperti gelombang. Amplitudonya bergantung pada kuat Medan magnet,jumlah lilitan dan luas penampang kumparan, serta frequensi gelombangnya sama dengan frequensi putaran kumparan.

Generator listrik DC

Jenis ini mirip dengan cara kerja generator listrik AC yang membedakan adalah pada generator ini menggunakan cincin split atau menggunakan komutator dibagian outputnya, komutator ini mengaktifkan arus listrik yang dialirkan ke rangkaian listriknya berbentuk arus DC, sedangkan kumparan yang yang menghasilkan arus AC.

Ketika menggunakan genset hal yang terlintas pada pikiran kita adalah alat untuk menghidupkan lampu ketika listrik padam, ya benar...meskipun tujuan nya tak hanya untuk penerangan saja melainkan banyak hal lain yang membutuhkan daya listrik  seperti untuk pengerjaan diluar ruangan yang jauh dari sumber listrik, genset sangat dikenal sebagai tenaga listrik yang bisa diandalkan hanya dengan menggunakan bahan bakar bensin atau silar.

Pentingnya manfaat dari genset ini, bagi anda yang banyak menggunakan generator set ini, dapat memperlancar usaha anda, dan dapat menjaga situasi yang tidak terduga seperti padamnya aliran listrik di sekitar anda.

Demikian sekilas tentang informasi singkat tentang genset, semoga membantu wawasan anda tentang alat ini.
genset diesel 5000 watt,diesel generator fuel consumption chart,diesel generator fuel consumption chart,genset atau diesel termasuk listrik


Posting Komentar untuk "Genset diesel"