Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara kerja Relay pada outdoor AC Akira

Juraganacee.com - beberapa produk AC split instalasi kelistrikan pada outdoor nya ada yang menggunakan relay,dimana fungsi relay tersebut sebagai pemutus atau penghubung kontak arus listrik dari indoor menuju kompresor.

Diantara merk AC tersebut adalah Sanyo dan Akira, seperti AC merk sanyo, produsen pembuat AC ruang ini menggunakan kontak relay pada instalasi outdoor nya.

Sanyo menggunakan relay pada instalasi outdoor nya pada kapasitas 1pk,sedang kan untuk merk Akira AC diatas 1,5pk yang menggunakan relay tersebut.

Ac akira 2 PK


Disini saya akan sedikit membahas tentang AC Akira dengan kapasitas 2pk yang menggunakan Relay pada outdoor unit nya. 


Gambar diatas merupakan relay yang ada pada outdoor AC merk Akira kapasitas 2pk.sedang kan AC berkapasitas 1,5pk kebawah pada AC ini tidak menggunakan relay tersebut.

Cara kerja relay ini adalah sebagai pemutus atau penghubung arus kirim dari indoor AC untuk menghidupkan kompresor.

Relay ini mempunyai 4 socket yang terhubung  ke jalur  kelistrikan  pada outdoor AC,kaki- kaki relay ini di tandai dengan adanya kontak no.6 ,5,4 dan 1.

Kaki no.5 dan 6 dihubungkan dengan arus listrik  220v sedangkan no.1 dan 4  sebagai kontak penghubung menuju kompresor.

Jika relay ini mengalami kerusakan maka kompresor tidak akan bisa bekerja.maka jika rusak sebaiknya kita ganti  saja dengan yang baru.

Atau solusi lain kita bisa mengakalinya dengan cara menghilang kan fungsi relay atau dengan kata lain di jumper saja semua kabel yang menuju ke kompresor atau ke fan motor outdoor.

Kerusakan yang sering terjadi adalah terbakarnya relay tersebut dikarenakan terjadi over head. 
Suhu panas yang terjadi pada instalasi kelistrikan outdoor menyebabkan relay terbakar.

Jika terjadi permasalah ini saya sarankan untuk merubah jalur kelistrikan nya yaitu dengan membuat jalur baru, buat lah jalur seperti outdoor  AC split tanpa relay dan untuk kabel kirim dari indoor lah yang kita sambungkan dengan unit outdoor nya.

Demikian postingan kita kali ini tentang perbaikan AC akira semoga berguna dan bermanfaat untuk kita semua.

Salam. 

4 komentar untuk "Cara kerja Relay pada outdoor AC Akira"

  1. Tolong master kasih gambaran cara biar tidak mengunakan relay

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk merubah tanpa menggunakan relay, perhatikan jalur kabel yg menuju ke relay! Nah jalur itu lah yang kita cabut dan kita langsungkan ke jalur kirim dari indoor unit.

      Hapus
  2. Perintah hidup matinya kompresor dari mana dong Om ?..mohon infonya

    BalasHapus