Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Kerja Selenoid Water Inlet Mesin Cuci

JuraganAcee - selenoid water inlet merupakan komponen penting yang berfungsi sebagai kran masuknya air ke tabung mesin cuci. Kerja dari komponen ini secara garis besar adalah sebagai berikut :

Setelah tombol power mesin cuci di tekan modul akan bekerja dan mengirim arus ke selenoid untuk membuka katub yang berada di dalam selenoid sehingga air akan masuk ke tabung mesin cuci.

Jenis dan model selenoid ini bermacam-macam dan bentuknya juga berbeda. Di artikel ini saya akan contohkan beberapa model selenoid water inlet yang berada pada mesin cuci.

Ok...cekidot..langsung meluncur..

Jenis-jenis selenoid water inlet mesin cuci
  • Selenoid katub tunggal : 

Gambar di atas merupakan selenoid yang mempunyai jalur tunggal atau saluran airnya hanya satu jalur biasanya selenoid ini terdapat pada mesin cuci jenis top loding.
  • Selenoid katub ganda :


Sedangkan selenoid water inlet type ganda mempunyai 2 katub dimana jalur masuk air ada 2 jalur yaitu di kanan dan di kiri. Biasanya selenoid ini di gunakan pada mesin cuci jenis front loading tetapi jenis top loding juga ada yang menggunakan jenis ini seperti di merk Toshiba jadul ada yang menggunakan jenis ini.

Selenoid water inlet ini menggunakan arus AC atau langsung dapat tegangan 220v dan saya jarang mendapat kan atau menemukan yang menggunakan arus DC.

Kerusakan pada selenoid

Jika terjadi kerusakan biasanya katub tidak berfungsi yaitu tidak bisa membuka atau menutup cara mengetahui bahwa selenoid rusak atau tidak bisa dengan cara memberi tegangan langsung pada selenoid yaitu tegangan 220v.

Jika selenoid diberi tegangan 220v tetapi tidak bisa hidup ( di tandai dengan bergetarnya selenoid ) maka selenoid dalam kondisi rusak.

Di bawah ini adalah video tentang selenoid water inlet yang berada pada mesin cuci.

Video YouTube juraganacee service


Di ujung selenoid terdapat filter yang berfungsi menyaring kotoran yang dapat di buka dan di tutupkan kembali

Demikianlah artikel ini saya buat untuk pemula yang belum mengerti tentang cara kerja dan fungsi dari selenoid water inlet pada mesin cuci.

Selamat beraktifitas dan salam dingin

3 komentar untuk "Cara Kerja Selenoid Water Inlet Mesin Cuci"

  1. Mesin cuci front loading merk daewoo, setelah dua meit hidup mesin cuci berhenti dan muncul E1. Dari berbagai literatur bilang selenoidnya atau water levelnya rusak namun setelah diganti dengan type yang sama kasusnya tetap sama. Bisa berikan solusi, kira-kira apa yang rusak ? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Air masuk ke tabung apakah bisa penuh airnya mas..?jika bisa masuk penuh dan mesin cuci berjalan mencuci kemudian berhenti sendiri sebaiknya cek modul mesin cuci nya..dengan catatan water level dalam kondisi normal

      Hapus
  2. tugas inlet kanan dan kiri beda atau sama ? (sebab mesin cuci saya yang kanan rusak (bagian kontrolnya loss), kalau tidak difungsikan gimana efeknya)

    BalasHapus