Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Otomatis Pompa Air Rusak

Juraganacee - pernahkah pompa air anda  rusak? ..air gak keluar dari kran?..atau pompa air tidak bisa berfungsi seperti biasanya..???

Eet ....tunggu dulu jangan panik dulu!

Jika pompa air kita rusak atau tidak berfungsi jangan langsung panik! Sabar dan berpikir dulu ya..siapa tahu kita bisa memperbaikinya sendiri,nah di artikel ini kita akan membahas tentang permasalahan yang kita hadapi ini.

Pompa air yang tidak bisa menyala belum tentu pompa nya yang rusak tetapi bisa jadi bukan pompa airnya yang rusak tetapi otomatisnya yang tidak berfungsi, biasanya hal ini sering terjadi yaitu otomatis pompa airnya yang mengalami masalah.

Apalagi jika kita menggunakan otomatis pompa air yang murah, hal ini lah yang sering kita temui disaat perbaikan pompa air yang rusak, jadi bukan pompa yang rusak tetapi otomatis ini yang mengalami ngadat atau tidak bisa konek dikarenakan plat pada otomatisnya sudah berkerak atau tidak bisa mengalirkan arus ke pompa air nya.

Fungsi otomatis pompa air

Fungsi otomatis pada pompa air adalah sebagai sensor atau saklar yang menghubungkan line arus listrik ke pompa air. Dengan menggunakan pelampung sebagai media yang di tempatkan dalam toren air dan pelampung ini akan bergerak naik turun menyesuaikan volume air dalam toren.


Gambar diatas adalah contoh otomatis pompa air yang di tempatkan di atas toren penampungan air.

Jenis otomatis pompa air
  • Ottomatis yang di tempatkan di atas toren penampungan air.
  • Otomatis yang di tempatkan di depan jalur keluarnya air pada pompa 
Kedua jenis ini lah yang sering kita temui di dalam instalasi pompa air.

Keduanya mempunyai fungsi yang sama tetapi berbeda dalam penempatanya, biasanya jenis otomatis yang ditempatkan di depan jalur keluarnya air sudah terpasang secara permanen pada pompa,tetapi jika belum ada kita bisa membeli sendiri jenis otomatis ini di toko-toko elektronik atau toko bangunan di sekitar kita.

Cara kerja otomatis pompa air diatas toren air

Setelah pompa air menyala air akan masuk ke dalam toren penampungan sampai keatas dan pelampung otomatis pompa juga akan ikut naik dan akan menggerakkan saklar pada otomatis sehingga arus listrik akan terputus jika air sudah penuh.

Dan sebaliknya jika kran di buka maka air akan berkurang hingga pelampung turun dan akan menggerakkan saklar menghubungkan arus listrik kembali dan pompa akan menyala kembali.

Cara kerja otomatis pressure switch (ditempatkan di jalur keluar air)

Otomatis di tempatkan pada jalur keluarnya air dari pompa, jika kran dibuka maka otomatis akan menghubungkan arus karena tekanan air terbuka dan jika kran di tutup maka otomatis akan mengalami tekanan tinggi sehingga menggerakkan katub pada otomatis dan arus akan putus, sehingga pompa air berhenti bekerja.

Otomatis pompa air rusak

Jika pada otomatis pompa air yang di tempatkan di atas toren rusak atau tidak berfungsi hal pertama yang harus kita lakukan adalah sebagai berikut :
  • Cabut power listrik dari steker.
  • Lepas sambungan kabel yang menghubungkan arus listrik ke otomatis pompa.
  • Sambungkan langsung jangan menggunakan otomatis pompa dulu.
  • Setelah tersambung hidupkan pompa air.
  • Jika pompa hidup berarti otomatis pompa dalam keadaan rusak.
  • Solusinya ganti otomatis dengan yang baru.

Jika menggunakan otomatis press switch ( otomatis yang di tempatkan di jalur keluarnya air ) hal pertama yang harus di lakukan adalah :
  • Cabut power listrik dari steker.
  • Lepas sambungan yang menuju ke press switch.
  • Sambungkan kabel tersebut langsung ( tidak menggunakan otomatis )
  • Setelah itu hidupkan pompa air.
  • Jika hidup berarti otomatis pompa dalam keadaan rusaak.
  • Ganti dengan yang baru.

Saat menyambungkan arus listrik pada otomatis pompa air steker harus di cabut.

Nah mudahkan.. cara diatas bisa teman-teman lakukan jika pompa air nya tidak menyala jadi jangan panggil teknisi dulu teman-temann bisa memeriksa sendiri jika pompa air nya tidak berfungsi, tetapi saya tidak merekomendasikan jika teman-teman tidak faham tentang instalasi listrik.

Jika ragu serahkan saja ke teknisi yang sudah berpengalaman agar tidak membahayakan keselamatan anda.

Semoga artikel tentang otomatis pompa air ini bermanfaat dan berguna untuk teman-teman semua, sampai berjumpa kembali di artikel selanjutnya.

Salam persahabatan.

7 komentar untuk "Otomatis Pompa Air Rusak"

  1. kalo pompa nya nyala terus / nyedot air terus gak berhenti itu rusak apanya ya gan
    otomatis nya yang rusak atau terjadi kebocoran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya otomatisnya yg rusak..karena gak bisa memutus arus..ke pompa airnya..makanya pompa air hidup terus..

      Hapus
  2. Saya sudah ganti otomatisnya yg baru,tapi kenapa air y g bisa berhenti jadi luber torrannya..itu masalahnya kenapa ya..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastikan penyambungan kabel benar ..dan posisi pelampung juga benar ..banyak kasus salah sambung atau pelampung kurang pas

      Hapus
  3. Radar otimatis toren saya sering rusak dalam setahun ini udah 5 kali ganti.. malahan yang kelima ini baru juga 3 hari udah rusak.. kebanyakan meleleh pada baudnya.. kenapa yaa.. trimakasih..

    BalasHapus
  4. Radar torwn saya sering rusak.. dalam setahun ini udah 5 kali ganti.. malahan radar yang kelima ini baru juga 3 hari udah rusak lagi.. kasusnya meleleh pada baud radarnya.. kenapa yaa.. trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Usahakan menggunakan kabel yang agak besar..paling aman 2x1,5" kl di bawah itu biasanya panas dan gampang rusak

      Hapus