Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab aki genset tekor

 


Juraganacee - pernahkah aki genset anda tekor secara terus menerus? Jika demikian apa penyebabnya?

Di postingan saya kali ini,kita akan membahas tentang permasalahan yang kerap terjadi pada sebuah mesin genset yang mengalami macet tidak mau hidup sewaktu kita memutar tombol on/off untuk menghidupkannya.

Sebuah mesin genset otomatis yang bisa di hidupkan hanya dengan memutar tombol on/off pada panel yang terdapat di mesin tersebut sering mengalami tekor pada akinya, dimana penyebab tekornya aki tersebut bisa di sebabkan oleh beberapa faktor.

Berbeda dengan mesin genset manual yang hanya bisa dihidupkan dengan mumutar engkol pada mesin dieselnya, dan genset jenis manual ini jarang mengalami gangguan pada saat akan di hidupkan karena tidak menggunakan rangkaian tambahan, yaitu rangkaian starter.

Beberapa waktu yang lalu saya memperbaiki sebuah mesin genset yang mengalami macet saat akan di hidupkan, dan macetnya genset ini disebabkan oleh tekornya aki karena tidak mendapatkan suplay daya dari rangkaian pengisi daya yang terdapat pada mesin genset tersebut.

Setelah saya cek satu persatu rangkaian pengisi daya ini ternyata ada komponen yang tidak berfungsi secara normal,dan komponen ini adalah kiprok pengisi daya aki pada genset tersebut.dan setelah saya ganti kiproknya mesin genset berjalan normal kembali seperti semula.

Bagi sobat semua yang menemukan permasalahan seperti yang sudah saya sebutkan di atas cobalah untuk memeriksa kiprok pada mensin genset yang mengalami kerusakan tekor pada akinya, harga kiprok ini sekitar Rp.175.000 dan banyak kita jumpai di toko onderdil disel dan genset di sekitar kita.

Untuk lebih jelasnya silahkan simak video YouTube juraganacee Chanel di bawah ini.

Video YouTube juraganacee Chanel


Komponen kiprok ini hampir sama dengan kiprok pada motor perbedaanya hanya pada besar kecilnya rangkaian yang ada didalamnya dan fungsinya pun sama yaitu sebagai pengisi daya aki pada motor tersebut.

Nah demikian pembahasan singkat tentang penyebab aki genset tekor secara terus menerus yang di akibatkan oleh matinya rangkaian kiprok pada mesin genset, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua.

Salam persahabatan.


Posting Komentar untuk "Penyebab aki genset tekor "