Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengaruh pipa kapiler kulkas buntu

 

Juraganacee.com - Apa yang akan terjadi apabila pipa kapiler pada kulkas mengalami kebuntuan?

Jawaban yang pasti adalah kulkas tidak akan bisa dingin. Ini berlaku untuk kulkas 1 pintu maupun 2 pintu.

Karena kedua jenis kulkas tersebut sama-sama menggunakan pipa kapiler, oleh sebab itu di postingan saya kali ini kita akan membahas pengaruh apa saja yang akan terjadi bila sebuah kulkas mengalami kebuntuan pada pipa kapilernya.

Ada beberapa sebab kenapa pipa kapiler pada kulkas mengalami kebuntuan.

  1. Buntu karena debu atau kotoran.
  2. Buntu karena sisa uap air dalam sistem.
  3. Buntu karena oli kompresor masuk ke pipa kapiler.
Solusi untuk mengatasi permasalah tersebut di atas adalah dengan cara melepas pipa kapiler dan menghilangkan kotoran yang ada pada pipa kapiler tersebut.

Sobat bisa menggunakan tiner atau bensin untuk mengeluarkan kotoran tersebut.

Tetapi jika cara tersebut tidak berhasil saya saran kan untuk menggantinya dengan yang baru dengan syarat ukuran nya sama.

Hal yang perlu sobat perhatikan adalah pada saat pengelasan pipa kapiler harus hati-hati karena jika pengelasan terlalu lama,akan menimbulkan kerak dalam pipa dan ini akan menyebabkan kebuntuan juga dalam sistem.

Karena kerak tersebut akan ikut bersirkulasi dalam sistem dan bisa mengendap di dalam filter atau pipa kapiler itu sendiri.

Selain itu jika sobat melakukan penggantian atau pengelasan pipa kapiler tersebut saya saran kan untuk mengganti filter nya juga agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

Sering saya temui kulkas yang selesai diperbaiki dan perbaikan tersebut menggunakan pengelasan tetapi tidak di barengi dengan penggantian filter,kulkas tersebut mengalami kebuntuan.

Lalu apa pengaruh jika pipa kapiler mengalami kebuntuan?

Pada saat kulkas 1 pintu maupun 2 pintu bekerja kompresor akan mensirkulasikan refrigerant dalam sistem, dan saat melalui pipa kapiler dan pipa tersebut buntu maka refrigerant akan tertahan di pipa kapiler tersebut dan tidak bisa bersirkulasi sehingga lama kelamaan akan terjadi tekanan yang terlalu tinggi karena refrigerant tidak bisa berjalan normal.

Akibatnya kompresor akan over heat dan overload terputus sehingga kompresor berhenti dan itu artinya kulkas tidak bisa dingin 

Setelah beberapa ment suhu kompresor menurun dan overload  akan tersambung kembali dan kompresor kembali bekerja dan kejadian ini akan berulang terus dan jika ini di biarkan terjadi, hal ini akan merusak kompresor.

Selain kompresor cepat rusak konsumsi listrik juga akan menjadi lebih boros, oleh sebab itu segera di lakukan perbaikan agar kulkas tetap aman dan awet.

Jika pipa kapiler hanya mengalami kebuntuan tetapi masih bisa mengalirkan refrigerant pengaruh yang terjadi akan sama seperti yang sudah saya jelaskan di atas tetapi mungkin waktu cut off kompresor lebih lama.

Note : jika melakukan penggantian pipa kapiler usahakan diameter dan panjang pipa kapiler sama.


Ok sobat ku! 

Demikian pembahasan saya kali ini tentang pengaruh pipa kapiler pada kulkas yang mengalami kebuntuan.

Semoga postingan ini bermanfaat dan berguna untuk sobatku semua selamat beraktifitas dan salam dingin. 



Posting Komentar untuk "Pengaruh pipa kapiler kulkas buntu"