Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

melihat kondisi relay kulkas

 

Juraganacee.com - Pada saat motor kompresor bekerja atau start, relay berfungsi sebagai pembantu pada saat awal putaran pertama berlangsung, yaitu dengan cara mengatur aliran listrik yang menuju ke kumparan bantu pada kompresor kulkas tersebut.

Apa yang akan terjadi jika start relay rusak?

Akibat dari kerusakan start relay motor kompresor akan mengalami gagal start sehingga lama kelamaan kumparan akan menjadi panas, dan overload akan bekerja memutuskan arus untuk melindungi kompresor dari overhead, biasa nya hal ini di tandai dengan adanya bunyi klik pada overload tersebut.

Jika overload dalam kondisi rusak, hal ini akan menyebabkan kumparan pada kompresor menjadi panas dan jika di biarkan terus menerus kompresor akan terbakar karena panas yang berlebihan, dan ini sebabkan oleh rusaknya overload yang ada di kompresor tersebut. 

Perlu sobat ketahui relay yang biasa di gunakan dalam sebuah perangkat pendingin seperti kulkas, biasanya ada 2 jenis, yaitu Current relay dan PTC relay.

Kedua jenis relay ini mempunyai keunggulan dan kelemahan masing-masing, di artikel lain mungkin kita akan membahas tentang kedua jenis relay tersebut.

Ok guys..kita ke pokok pembahasan ya...!

Cara memeriksa sebuah PTC relay

Langkah pertama yang perlu sobat lakukan adalah dengan membuka penutup PTC pada bagian konektor kompresor, kemudian lepaskan PTC dari terminal kompresornya, kemudian buka tutup PTC menggunakan obeng - kecil agar bisa melihat bagian dalam, setelah terbuka perhatikan disk di bagian tengah, jika disk tersebut masih dalam kondisi utuh atau tidak pecah biasanya PTC tersebut masih dalam kondisi bagus, tetapi jika sudah berwarna hitam atau pecah dapat dipastikan PTC dalam kondisi rusak.

Selain itu kita bisa mengecek kondisi relay tersebut menggunakan multimeter yaitu dengan menghubungkan terminal R dan S pada skala ohm, secara garis besar jika kedua konektor tersebut terhubung berarti relay masih bisa di gunakan.

Jika sobat ingin mengganti relay tersebut harap di perhatikan nomer seri dan ukuran kompresor nya, agar tidak salah beli. Karena berbeda kapasitas kulkas akan berbeda pula ukuranya.

Cara memeriksa Current relay

Current relay atau yang juga kita sebut relay magnetik mempunyai fungsi yang sama seperti PTC relay hanya bentuknya saja yang berbeda relay ini mempunyai lilitan yang terlihat di bagian luar, cara pengecekan yang bisa kita lakukan adalah dengan menggoyang-goyangkan relay tersebut, perhatikan dan dengarkan apakah ada suara benturan didalam relay tersebut, hal ini untuk memastikan lempengan di dalam relay tersebut masih bisa bergerak atau tidak, jika masih bisa bergerak kemungkinan relay masih bisa di gunakan jika tidak bergerak biasanya sudah berkarat dan itu artinya relay sudah rusak atau macet tidak terangkat oleh medan magnet.

Selain itu kita juga bisa menggunakan multimeter untuk mengetahui hubungan antara konektor kabel sumber listrik dan konektor R pastikan masih terhubung, dan cek juga konektor sumber listrik ke konektor S dengan posisi relay normal atau tidak terbalik, jika tidak ada hubungan berarti masih bagus, jika terhubung berarti rusak.

Demikianlah pembahasan kita kali ini, tentang cara melihat kondisi start relay pada kulkas, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu jika sobat menemukan kondisi seperti yang ada di dalam artikel ini, semoga bermanfaat dan selamat menjalankan tugas hari ini.

Salam dingin. 

Posting Komentar untuk "melihat kondisi relay kulkas"