Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara memperbaiki showcase tidak dingin

 


Juraganacee.com - Showcase merupakan mesin pendingin yang biasa digunakan untuk mendinginkan minuman tetapi tidak sampai beku agar minuman tetap segar dan siap di minum kapan saja, showcase ini sering kita jumpai di toko maupun supermarket di sekitar kita, nah di postingan saya kali ini kita akan membahas tentang cara memperbaiki showcase tidak dingin.

Kapasitas mesin showcase bermacam-macam ukuran tergantung kebutuhan kita, ada yang berkapasitas kecil sampai yang besar, kapasitas kecil bisa kita jumpai di warung-warung di pinggir jalan sedangkan yang berkapasitas besar biasanya di gunakan oleh supermarket dan hotel.

Harga showcase berkapasitas kecil berkisar diantara harga 2 juta an sampai 5 jt an, sedangkan yang berkapasitas besar harganya bisa sampai 25 juta an. 

Jenis showcase

  • Single door showcase
Lemari pendingin ini memiliki 1 pintu seperti kulkas biasa bentuknya kecil memanjang atau ramping selain minuman juga di manfaatkan untuk menyimpan puding, memiliki jarak rak yang sedikit tinggi ke atas sehingga bisa untuk menyimpan botol minuman atau kaleng.

  • Multi door showcase
Fungsinya sama seperti 1 pintu namun bentuknya lebih lebar karena punya 2 pintu, sehingga memudahkan dalam penggunaanya untuk bersama dalam satu produk tertentu.

  • Multi deck showcase
Jenis ini sering kita jumpai di supermarket dan biasanya di biarkan terbuka namun tetap terjaga kesegarannya selain minuman bisa juga untuk menyimpan sayuran.

Ok guys kita langsung ke pembahasan pokok tentang cara perbaikan showcase ini ya!.

Cara perbaikan showcase tidak dingin

Hal pertama  yang harus sobat lakukan untuk memperbaiki showcase adalah sebagai berikut:
  • Colokan steker showcase ke listrik PLN.
  • Putar thermostat searah jarum jam sampai di mode cool.
  • Gunakan tang ampere atau clam ampere untuk melihat apakah kompresor berfungsi dengan baik atau tidak, jika kompresor dalam kondisi baik tang ampere akan menunjukan skala tertentu sebagai indikasi bahwa kompresor hidup/berjalan.
  • Setelah kompresor berjalan kita menuju pengecekan pada kondisi kondensor, perhatikanlah suhu kondensor tersebut jika kondensor dalam kondisi normal suhunya akan terasa panas saat kita sentuh dengan menggunakan tangan kita,jika tidak terasa panas berarti ada masalah pada proses pendinginan showcase tersebut.
  • Setelah itu kita menuju ke pengecekan filter di bagian belakang, pastikan suhu pada filter tersebut juga terasa panas karena itu indikasi aliran freon berjalan dengan baik.
  • Setelah itu kita lanjut ke pengecekan di bagian evaporator jika kita pegang akan terasa dingin dan lengket di tangan.
  • Untuk tahap selanjutnya kita perhatikan putaran blower fan yang ada di dalam ruangan showcase pastikan bisa berputar dengan baik, karena ini berfungsi sebagai pemutar udara dalam ruangan showcase tersebut.
  • Kemudian kita lanjut memeriksa fan pendingin kompresor yang biasanya berada di samping kompresor pastikan fan tersebut berfungsi dengan baik, karena jika tidak berfungsi akan berpengaruh dalam proses pendinginan showcase tersebut.
  • Selanjutnya kita bisa mengukur suhu ruangan pada showcase menggunakan thermometer suhu pastikan sesuai dengan suhu yang sesuai dengan Spec showcase tersebut, suhu ini bergantung jenis showcase yang di gunakan karena setiap jenis showcase akan berbeda-beda dan tidak selalu sama, salah satu contohnya adalah suhu ruangan antara showcase pendingin minuman dan showcase pendingin kue.
  • Jika semua komponen berfungsi dengan baik dapat di pastikan showcase dalam kondisi normal dan siap di gunakan.
Di bawah ini salah satu contoh video tentang cara perbaikan showcase tidak dingin di Chanel juraganacee service.

Video YouTube juraganacee service


Ok guys! Semoga artikel ini bermanfaat dan salam satu hati.

Posting Komentar untuk "Cara memperbaiki showcase tidak dingin"