Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Air cooler tidak dingin? ini ternyata penyebabnya

 

Air cooler tidak dingin? Ini ternyata penyebabnya

Juraganacee.com - penyebab air cooler tidak dingin bisa di pengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya akan kita bahas pada postingan saya kali ini.

Ketahui sebab dan faktor apa saja yang bisa mempengaruhi air cooler tidak bisa dingin.

Sebelum kita membahas tentang faktor-faktor tersebut ada baiknya kita ulas sedikit tentang cara kerja dari air cooler ini.

Cara kerja air cooler

Air cooler bekerja bisa mendinginkan ruangan berdasarkan hembusan angin yang disertai dengan hawa dingin dari air yang di pancurkan dari kisi-kisi body air cooler tersebut.

Air cooler ini menggunakan tampungan air yang ada di bagian bawah dan menggunakan pompa air kecil untuk menaikan air tersebut, pompa air akan bekerja jika kita menekan tombol air cooler.

Untuk itulah kita harus rajin-rajin memeriksa kondisi tampungan air tersebut, agar tidak sampai kehabisan air di dalamnya.

Jika air tersebut habis dan kita menghidupkan di mode cooler secara terus menerus maka hal ini bisa menyebabkan air cooler cepat rusak.

Penyebab air cooler tidak dingin

  • Salah satu penyebab air cooler tidak dingin diantaranya adalah air dalam tampungan habis, ini sering sekali terjadi, saya sering menemukan bahwa si pemilik tidak mengetahui jika ternyata air cooler yang mereka punyai menggunakan air sebagai media untuk mendinginkan ruangan .
  • Penyebab yang kedua lupa menghidupkan mode air cooler atau humidifier bukan tidak mungkin anda lupa memencet tombol tersebut atau memang tidak mengetahui kegunaan tombol tersebut.
  • Penyebab yang ketiga salah dalam penempatan air cooler nya, usahakan di tempatkan di tempat yang udara nya bagus atau sirkulasi udara lancar sehingga pergantian udara bisa semaksimal mungkin.
  • Kerusakan pada komponen ini bisa saja terjadi biasanya komponen yang sering rusak adalah bagian modul dan pompa air kecil di dalam penampungan air.
  • Kemudian filter yang terlalu kotor juga bisa menyebabkan air cooler tidak dingin, ini bisa di atasi dengan membersihkannya dan memasangnya kembali di tempat yang benar.
Faktor-faktor penyebab dari kerusakan atau tidak dinginnya air cooler di atas bisa saja terjadi jika kita tidak memperhatikan dan mengetahuinya.

Perbaikan air cooler SANYO

Beberapa waktu yang lalu baru saja saya memperbaiki sebuah air cooler merk SANYO yang tidak bisa dingin dan ternyata penyebabnya adalah fan motor tidak berputar dan modul tidak berfungsi dengan semestinya.

Setelah saya cek dan ternyata kerusakan ada pada sensor pintu filter yang rusak atau eror, solusi untuk perbaikannya adalah dengan mengganti sensor tersebut atau bisa di jumper dan tidak menggunakan sensor pintu tersebut, dan untuk fan motor saya ganti kapasitor nya dengan yang baru dan air cooler bisa berfungsi normal kembali.

Kelebihan dari air cooler ini adalah konsumsi listriknya yang irit dan hanya menggunakan sekitar 80-100 Watt saja sehingga sangat jauh di bandingkan dengan penggunaan AC konvensional.

Ok sobat demikian artikel saya kali ini semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan anda semua.
Salam.

Posting Komentar untuk "Air cooler tidak dingin? ini ternyata penyebabnya"