Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara cek kebocoran evaporator menggunakan kompresor bekas

Juraganacee.com - Kebocoran yang sering terjadi di dalam instalasi ac ruang sering kali membuat kita jengkel apalagi kebocoran tersebut sangat kecil dan halus sehingga sangat sukar untuk di temukan keberadaannya.


Cek kebocoran evaporator

                                                                 
Walaupun kebocoran tersebut sangat halus mau tidak mau kita harus bisa menemukan dimana kebocoran tersebut, karena ini mutlak dan harus kita perbaiki, jika kita tidak memperbaiki kebocoran ini dan hanya menambah freon saja maka hal tersebut hanya akan menambah kerusakan semakin parah.

Oli akan banyak yang keluar dari sistem melalui kebocoran tersebut, dan ini akan menambah biaya perbaikan semakin banyak, untuk itulah kita wajib menemukan kebocoran yang terjadi.

Di artikel saya kali ini kita akan membahas tentang cara cek kebocoran evaporator menggunakan kompresor bekas Secara garis besar kita hanya akan mengetahui kebocoran yang ada di evaporator sebuah ac split.

Dan untuk mengecek kebocoran ini saya akan menggunakan sebuah kompresor bekas ac split sebagai media untuk memberikan tekanan angin ke dalam evaporator yang mengalami kebocoran.

Bagaimana cara untuk pengerjaannya silahkan simak sampai selesai agar tidak gagal paham ya guys!

langkah-langkah cek kebocoran

Untuk langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan melepas evaporator dari indoor unit dengan melepas semua baut dan modul yang ada di dalam indoor unit.

Setelah evaporator terlepas, siapkan kompresor bekas ac yang sudah di modif sebagai alat pemberi tekanan angin < silahkan klik di sini cara membuat kompresor untuk tekanan angin >

Dan siapkan manipol untuk memasukan angin ke dalam evaporator, dan siapkan bak air yang cukup besar untuk pengecekan selanjutnya.
  1. langkah pertama tutup pipa hisap dari evaporator menggunakan napel yang sudah di tutup menggunakan pipa dan di las agar angin tidak bocor.
  2. masukan manipol warna biru ke pipa tekan yang ada di ujung satunya.
  3. kemudian masukan juga manipol warna kuning ke kompresor di bagian pipa tekan.
  4. kemudian hidupkan kompresor dan buka kran manipol untuk memasukan tekanan angin ke dalam evaporator.
  5. tunggu sampai tekan di angka 250 psi sampai  300 psi.
  6. kemudian tutup dan matikan kompresor.
  7. langkah selanjutnya siapkan bak air yang sudah kita isi dengan air untuk meredam evaporator sampai terendam ke semua bagian.
  8. perhatikan dan amati gelembung yang muncul di dalam bak air tersebut.
  9. jika ada gelembung yang muncul di bagian evaporator itulah kebocoran yang terjadi.
  10. selanjutnya tandai kebocoran tersebut dan lakukan pengelasan untuk menambal kebocoran tersebut.
  11. tambal menggunakan las dan ulangi tes kebocoran seperti di atas jika sudah tidak ada kebocoran berarti pengerjaan selesai sampai disini.
Hal yang perlu di perhatikan adalah setelah pengerjaan ini usahakan dan wajib untuk di vakum sebelum melakukan pengisian freon kembali.

mengapa harus di vakum

Untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran dan uap air yang masih tersisa di dalam evaporator, dan ini wajib agar tidak terjadi kendala di kemudian hari.

Jangan sampai karena kesalahan tidak di vakum sirkulasi freon di dalam sistem menjadi buntu, untuk itu vakum sistem adalah harga mati ya guys.

ok guys! demikian cara cek kebocoran evaporator menggunakan kompresor bekas semoga artikel ini bermanfaat dan salam dingin selalu.





Posting Komentar untuk "Cara cek kebocoran evaporator menggunakan kompresor bekas "