Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara cek thermis AC split

Juraganacee.com - Thermistor dalam istilah teknik pendingin biasa juga di sebut dengan thermis, merupakan sebuah komponen penting yang berfungsi sebagai sensor pada peralatan elektronik.

Cara cek thermis AC aplit

Komponen seperti ini sangat di butuhkan dalam peralatan elektronik  terutama seperti AC ,dispenser,kulkas,freezer atau peralatan elektronik lainnya.

Untuk itu bagi kita sebagai praktisi pendingin wajib hukum nya untuk dapat mengetahui fungsi atau kegunaan dari komponen ini, agar jika menemui kendala atau mendapatkan projek perbaikan mesin pendingin kita dapat mengatasinya.

Di sini kita akan membahas tentang cara dan bagaimana dapat mengetahui apakah  komponen ini rusak atau tidak.

Keuntungan jika mengetahui cara cek thermis

Keuntungan yang dapat kita peroleh jika mengetahui cara perbaikan dan cara cek thermis ini adalah dapat secara cepat untuk mengambil tindakan atau melakukan langkah perbaikan selanjutnya. 

Jika kita tidak dapat menguasai  cara pengecekan thermis ini tentu akan sangat merugikan kita, di samping memperlambat pekerjaan kita hal ini juga berakibat pada kepercayaan konsumen terhadap kinerja kita di lapangan.

Bayangkan saja jika kita tidak dapat mengecek sebuah komponen pendingin dan di ketahui oleh konsumen kita, tentu itu akan sangat memalukan bukan?

Untuk itulah di artikel kali ini saya akan sedikit membahas tentang cara pengecekan komponen thermis ini.

Di sini saya akan membahas tentang thermis pada sebuah AC split saja, sedangkan di lain waktu mungkin kita akan membahas tentang thermis-thermis yang lain.

Cara cek thermis AC 

Peralatan yang di gunakan untuk dapat mengecek thermis ini yang pertama yang harus kita siapkan adalah multimeter dan air es.

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengukur thermis menggunakan multimeter dengan skala ohm dan atur probe pada skala 20 kilo ohm atau 200 kilo ohm  kemudian ukur hambatan yang ada pada thermis yang akan kita cek.

Ukuran hambatan thermis 

Perhatikan ukuran yang tertera pada multimeter anda hambatan yang ada pada thermis tersebut, sebagai patokan ukuran sebuah thermis untuk AC split biasanya ada pada ukuran 7 kilo sampai 20 kilo ohm ini karena ukuran hambatan thermis pada AC split pada setiap merk berbeda-beda tergantung setelan pabrik masing-masing.

Contohnya thermis pada AC merk panasonic biasanya ada pada ukuran 13 kilo ohm -16 kilo ohm, setelah itu siap kan air es dan masukan sensor pipa   atau sensor udara kedalam air es tersebut dan perhatikan multimeter anda jika ukurannya semakin naik atau terjadi perubahan selama sensor tersebut di masukan ke dalam air es berarti thermis tersebut dalam kondisi baik atau normal dan sebaliknya jika tidak berubah ukurannya dapat di pastikan thermis dalam kondisi rusak.

Hal ini berlaku untuk semua merk AC, jika thermis dalam kondisi rusak sebaiknya ganti dengan thermis yang baru karena jika tidak di ganti  ini akan berpengaruh terhadap kinerja dari AC tersebut biasanya  AC akan hidup dan mati secara terus menerus.

Penggantian thermis dengan yang baru

Penggantian thermis AC juga tidak boleh sembarangan, harus di sesuaikan dengan thermis aslinya karena jika tidak sesuai, AC juga akan mengalami hal yang sama yaitu    tidak bisa berjalan dengan normal seperti biasanya.

Itulah tadi cara pengecekan thermis AC split secara cepat dan gampang dilakukan.

Selamat mencoba!


Posting Komentar untuk "Cara cek thermis AC split"