Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara memperbaiki modul PCB AC LG tidak konek ke remot

Juraganacee.com - Cara memperbaiki modul PCB AC LG yang tidak konek dengan remot lampu indikator mati semua dan biasanya tombol manual nya juga ikut mati dan tidak berfungsi sedangkan untuk remot nya sendiri di cek dalam kondisi baik dan berfungsi.

AC merk LG jenis Hercules sering sekali mengalami kendala seperti ini, saya sering mengalami nya pada saat cleaning AC LG ini, setelah saya cek tegangan vcc dan Ir ada tetapi AC tetap tidak bisa di remot.

Jika sobat mengalami kondisi seperti ini ada beberapa hal yang perlu anda periksa untuk mengatasinya agar remot dapat berfungsi kembali.

Cara perbaikan dan solusinya

Langkah pertama adalah dengan melepas modul kecil yang ada pada bagian indoor unit PCB ini biasanya berada pada bagian bawah samping kanan, cabut semua socket yang ada kita pisahkan dari PCB besarnya dulu supaya lebih mudah dalam pengerjaanya.

Ok setelah kita lepas perhatikan kabel-kabel yang ada apakah ada yang putus atau tidak jika ada yang putus segera sambung kembali jika tidak kita masuk ke langkah selanjutnya.

Perlu sobat periksa socket yang ada karena sering sekali AC ini tidak bisa konek hanya karena socket kurang pas atau kendor saat mencuci AC.

Rapikan kabelnya dan pasang dengan benar agar koneksi bagus dan lancar perhatikan kabel benar-benar tidak putus, setelah kita pasang dan kita coba menghidupkan dengan remot jika AC bisa hidup perbaikan selesai tetapi jika tidak kita masuk ke langkah selanjutnya.

Buka modul kecil tersebut dan kita periksa jalur-jalur PCB nya perhatikan apakah semua jalur dalam keadaan baik jika tidak perbaiki dengan menyambung ulang menggunakan solder atau kita jumper jalur yang mengalami kerusakan.



Sering kali jalur di PCB ini putus sehingga kita perlu memperbaikinya terutama jalur ground, jalur ini sering sekali mengalami putus hubungan sehingga kita harus memperbaikinya, biasanya kabel ground berwarna pink jika mengalami putus atau korosi sambung kembali menggunakan solder.

Periksa menggunakan multimeter jalur vcc dan Ir jika sudah ada tegangan dan ground tidak putus kita bisa langsung mencoba nya dengan memberikan tegangan sumber untuk menghidupkan AC.

Jika semua sudah kita sambung dan kita lakukan percobaan kembali untuk mencoba nya, jika setelah kita beri sumber dan remot kita pencet terdengar bunyi beep berarti pekerjaan kita selesai.

Kesimpulan

Kesimpulan yang kita dapatkan berarti adalah modul kecil mengalami kerusakan pada jalur-jalur nya sehingga kita harus memperbaikinya sehingga setelah jalur tidak ada yang putus modul kembali berfungsi dengan baik.

Demikian ulasan singkat ini tentang cara perbaikan modul AC LG tidak konek dengan remot , semoga bermanfaat dan salam persahabatan selalu.


 

Posting Komentar untuk "Cara memperbaiki modul PCB AC LG tidak konek ke remot"