Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbaikan modul psu dispenser WDP300 mati total

 

Dispenser miyako

Juraganacee.com - dispenser miyako PSU WDP300 mati total apa penyebabnya? 

Yuk kita bahas guys! 

Beberapa hari yang lalu saya baru saja mendapatkan perbaikan sebuah dispenser yang modul PSU nya mati total alias matot. Kondisi dispenser tidak bisa bekerja sama sekali karena PSU nya sama sekali tidak hidup. 

Langkah-langkah pengecekan

Untuk pengecekan dispenser seperti ini kita membutuhkan avo meter atau multi meter untuk mendeteksi semua komponen, karena biasanya komponen seperti fuse, dioda, atau IC regulator mati. 

Langkah pertama yang kita lakukan adalah melepas modul dari tempat nya, perhatikan komponen yang mengalami kerusakan yang biasanya di tandai dengan adanya bau gosong atau bercak hitam pada pcb nya. 

Pada modul psu dispenser miyako yang saya kerjakan ini terdapat tanda adanya elco yang menggelembung dan terlihat berbeda dengan kondisi normal, setelah saya periksa ternyata memang elco ini mengalami short atau rusak, ada 2 buah elco yang berada pada pcb ini yaitu ukuran 1000 mikro 16volt dan kedua-duanya mengalami short. 

Kemudian saya ganti kedua elco ini dengan ukuran yang sama, dan setelah itu saya cek juga dioda yang berada pada rangkaian modul yang lain yang bersebelahan dengan pcb psu miyako ini. 

Di pcb kedua ini terdapat kejanggalan yaitu 2 buah dioda terlihat tidak normal dan benar saja keduanya mengalami konsleting atau short. 

Langkah yang saya lakukan adalah mengganti kedua dioda ini dengan yang baru sesuai ukuran yang aslinya. 

Kemudian pemeriksaan saya lanjutkan dengan memeriksa fuse pada pcb ini dan fuse tersebut ternyata putus atau gosong pada bodinya, itu menandakan adanya hubungan singkat pada pcb tersebut. 

Setelah itu komponen yang lain seperti nya tidak mengalami masalah, dan saya putuskan untuk mencoba menghidupkan modul psu dispenser miyako ini, dan hasilnya semua socket mengeluarkan tegangan terutama untuk suplay fan, motor hisap, paltier, heater dan yang lainya juga terlihat normal dan mengeluarkan tegangan yang sesuai dengan aslinya. 

Untuk lebih jelasnya silahkan simak video YouTube kami berikut ini! 



Ok guys! 

Semoga bermanfaat! Dan selamat mencoba! 

Posting Komentar untuk "Perbaikan modul psu dispenser WDP300 mati total"