Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Water heater terdengar bunyi trek trek tapi api tidak menyala

 Juraganacee.com - Jika water heater jenis gas anda saat di hidupkan terdengar bunyi trek trek trek tetapi api tidak mau menyala, itu berarti ada tanda-tanda sesuatu yang bermasalah, lalu apa solusinya? Dan bagaimana cara memperbaikinya? 

Di postingan saya kali ini kita akan membahas tentang hal tersebut, dan bagaimana cara memperbaikinya. 

Water heater tidak menyala

Beberapa penyebab water heater api tidak bisa menyala

  • Bateri kehilangan daya/lemah. 
  • Gas elpiji terdapat kebocoran /habis.
  • Kabel koneksi putus. 
  • Suplai air ke water heater terhambat/kurang tekanan. 
  • Pemantik kompor gas lemah. 
  • Saluran kompor tersumbat. 
Sebelum anda memanggil tukang service karena kerusakan water heater anda, alangkah baiknya jika anda perbaiki sendiri terlebih dahulu jika memang bisa. 

Tetapi jika anda takut atau tidak mampu mungkin panggil tukang service itu lebih baik. Yang perlu anda perhatikan adalah seperti faktor-faktor yang sudah saya tulis di atas. 

Perhatikan saja mulai dari yang pertama, yaitu baterai kehilangan daya/atau lemah, ini sering sekali terjadi karena baterai sudah lama dan belum sempat di ganti sehingga tidak mampu menghidupkan katup dan pemantik kompor gas di dalam water heater. 

Kemudian faktor gas elpiji habis atau bisa jadi bocor, hal ini tentu saja solusinya hanya cukup mengganti baterai dengan yang baru, usahakan memeriksa jalur selang dari tabung elpiji sampai ke water heater apakah selang masih kondisi baik atau sudah rusak. 

Selanjutnya adalah faktor kabel koneksi menuju pemantik gas sudah lemah atau rusak, atau kabel baterai putus di tengah jalan ini juga sering menjadi penyebab api tidak menyala. 

Kemudian faktor yang lain adalah faktor kecepatan air kurang sehingga tidak bisa membuka katup seal yang ada di jalur instalasi. Solusi seperti ini adalah dengan menambah motor pendorong agar air busa sampai ke water heater. 

Kemudian  faktor selanjutnya adalah pemantik kompor rusak, solusinya adalah dengan mengganti pemantik tersebut dengan yang baru sehingga percikan api lebih keras untuk memancing nyala api dalam tunggu kompor. 

Faktor terakhir adalah tersumbatnya jalur gas menuju kompor tungku yang masuk ke water heater, solusi perbaikan yang adalah dengan memperlancar jalur sampai bersih agar gas elpiji bisa lancar sampai ke tungku kompor. 

Solusi jika terdengar bunyi trek trek tetapi api tidak menyala

Jika saat anda menghidupkan dan membuka kran air panas tetapi api tak kunjung menyala, perhatikan langkah-langkah berikut ini! 

Pastikan baterai hidup dan masih menyala, jika baterai sudah dalam kondisi bagus tetapi api belum menyala juga, periksa bagian gas elpiji apakah keluar gas nya atau tidak, cek juga selang elpiji dan regulator. 

Jika sampai tahap ini masih belum nyala juga, periksa tekanan air yang masuk apakah tekanan normal atau kurang, hal seperti ini lah yang sering menjadi kendala atau penyebab api tidak menyala. 

Periksa juga jalur selang air dan selang elpiji, lakukan penggantian jika di rasa perlu dan harus diganti. 

Jika semua normal san baik, saya pastikan water heater anda akan menyala dengan sendirinya jika kran air panas di buka. 

Selamat mencoba! 




Posting Komentar untuk "Water heater terdengar bunyi trek trek tapi api tidak menyala"