Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sistem ac VRV/VRF

Juraganacee.com - Sebenarnya apa yang di sebut dengan ac VRV/VRF di postingan kali ini kita akan membahas tentang kedua ac tersebut.
 
cekidot! 

Sistem ac VRV/VRF


Apa itu sistem VRV?


VRV (Variable Refrigerant Volume) adalah sistem pendingin udara untuk area luas seperti hotel, rumah sakit, dan pusat perbelanjaan. Namanya berasal dari bahasa Inggris VRF (Variable Refrigerant Flow) sehingga dapat disebut VRV atau VRF.

sistem VRV

Sistem ac VRV adalah ac yang terdiri dari unit luar ruangan yang terletak di atap gedung dan dihubungkan melalui tabung tembaga ke banyak unit dalam ruangan yang terletak di dalam gedung. Dan ada sistem VRF dua pipa yang hanya menghasilkan dingin atau panas, tetapi tidak keduanya secara bersamaan; dan tiga tabung, yaitu AC panas dan dingin , cocok untuk musim dingin dan musim panas, tetapi harganya lebih mahal.

VRF ditemukan oleh Daikin pada tahun 1982 sebagai versi perbaikan dari sistem pendingin udara multi-split . Saat ini, ini sangat populer di area yang luas karena kapasitasnya untuk modulasi individual setiap peralatan interior dan teknologi pemulihan panas yang sangat  baru.

Bagaimana cara kerja dari sistem VRF ini ?
Pengoperasian ac VRF sangat mirip dengan sistem pengkondisian udara tradisional : gas pendingin (biasanya gas R32 ) mengalami perubahan tekanan dan suhu untuk menyerap panas dari udara di dalam ruangan dan mengeluarkannya ke luar. dan sebaliknya jika bekerja dalam mode panas.

Sistem ac VRV memiliki unit luar ruangan (yang berisi kompresor dan kondensor), pipa tembaga tempat gas pendingin bersirkulasi, dan beberapa unit dalam ruangan (yang berisi katup ekspansi dan evaporator).

Perbedaan besar dengan sistem multi-split adalah sistem VRV memiliki kotak kontrol antara unit outdoor dan unit indoor yang mengatur aliran refrigeran. Hal ini terjadi karena sensor termostat pada unit dalam ruangan mengirimkan sinyal ke kotak kontrol sesuai dengan permintaan panas atau dingin sehingga mengatur zat pendingin.

Ketika salah satu unit dalam ruangan membutuhkan panas atau dingin, ia mengirimkan sinyal dan kotak kontrol menyediakan zat pendingin dan, pada saat yang sama, kompresor meningkatkan kecepatannya karena harus menaikkan tekanan karena kebutuhannya lebih besar. Ketika salah satu unit dalam ruangan tidak lagi membutuhkan AC, kotak tidak mengirimkan zat pendingin ke unit tersebut dan kompresor melambat.

Ac VRV memiliki kompresor inverter yang memodulasi kecepatan tergantung pada kebutuhan AC, sehingga dapat memberikan tekanan ideal berapa pun jumlah unit dalam ruangan yang beroperasi.

Diagram sistem VRV 3 tabung
Sistem 3 tabung memiliki kekhasan yaitu memungkinkan panas diperoleh kembali , tetapi bagaimana cara melakukannya? Hal ini dicapai dengan menggunakan panas yang diserap zat pendingin dari ruangan yang berada dalam mode dingin saat memperbarui udara. Panas yang diserap ruangan-ruangan tersebut digunakan pada ruangan-ruangan yang memerlukan pemanasan sehingga beban pada kompresor dan penukar panas berkurang.

Diagram sistem VRV/VRF

Keuntungan dari sistem ac VRF/VRF itu adalah:
Sistem yang memiliki banyak keunggulan dibandingkan AC tradisional dan pendingin air yang digunakan di area luas. Di bawah ini kami tunjukkan beberapa di antaranya:

 Zonasi independen – Setiap unit dalam ruangan dapat dipanaskan hingga suhu berbeda, dan bahkan ada yang menyala dan ada yang mati.

Dalam  Mode pendinginan dan pemanasan secara bersamaan : model 3 pipa bersama dengan kompresor inverter berarti beberapa unit internal dapat digunakan untuk pemanasan dan unit lainnya untuk pendinginan secara bersamaan.

 Penghematan energi yang besar : kotak kontrol hanya mengirimkan zat pendingin yang dibutuhkan setiap unit dan membuat kompresor bekerja lebih sedikit. Ditambah lagi, teknologi pemulihan panas lebih menghemat.

 Peralatan ringan : pemasangannya cukup sederhana karena bobotnya yang ringan dibandingkan water chiller. Selain itu, yang terakhir bekerja dengan sistem air-udara, sehingga membutuhkan koil kipas .

 Kontrol tingkat lanjut : dari satu titik Anda dapat mengontrol banyak 

Sistem VRV vs MultiSplit

Ciri VRV dan Multi-split
kompresor inverter  
Zonasi  
Panas dan dingin secara bersamaan  
Pemulihan panas  
Beban Dari 0,5 hingga 5 ton Dari 3 hingga 6 ton
Unit dalam ruangan Hingga 8 Hingga 50
Meskipun sistem VRV juga memiliki beberapa kelemahan seperti :

Kebutuhan saluran pembuangan kondensat untuk setiap unit indoor
Kesesuaian dengan jumlah maksimum zat pendingin yang diperbolehkan dalam volume tertentu.
Kemungkinan penolakan pemasangan rooftop oleh masyarakat sekitar.
Jenis VRF
Sistem VRF telah berkembang, itulah sebabnya kami dapat membedakan dua jenis berdasarkan unit luar ruangannya:

▷ VRF Aksial : Ini adalah sistem tradisional di mana unit luar ruangan dipasang di atap dan membuang udara menggunakan kipas aksial. Hal ini memungkinkan setiap peralatan dalam ruangan diatur secara independen dan dapat menggunakan semua jenis unit dalam ruangan. Masalah utama yang mungkin timbul dari sistem ini adalah pemasangannya mungkin tidak diizinkan oleh komunitas. Selain itu, tekanannya tidak cukup untuk mengeluarkan udara melalui ventilasi.

▷ VRF sentrifugal : ini adalah sistem baru yang jauh lebih kompak, sebagian besar berkat kipas sentrifugalnya. Ini dapat dipasang di bawah langit-langit palsu dan dengan demikian mematuhi peraturan tata kota, sehingga tidak perlu meminta izin dari komunitas tetangga jika itu adalah tempat komersial yang terletak di dalam sebuah bangunan.

Semoga bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "Sistem ac VRV/VRF"