Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengatasi kebocoran freon pada naple AC

Juraganacee.com kebocoran freon pada instalasi pemipaan AC merupakan hal yang paling menjengkelkan karena dalam proses perbaikannya membutuhkan ketelitian dan kesabaran yang tinggi, bahkan tidak jarang para teknisi AC yang sudah mahir pun terkadang kesulitan untuk menemukan kebocoran freon yang terjadi di dalam instalasi.


       Perbaikan kebocoran pipa ac

Kebocoran freon seperti ini dalam perbaikannya membutuhkan peralatan yang harus lengkap dan memadai. Di banyak kasus  saya sering menemukan kebocoran yang berada pada nut sambungan atau sambungan pada pemipaan AC baik di sambungan di indoor maupun outdoor unit. 

Untuk mengatasi kebocoran freon yang letaknya di nut sambungan seperti ini hal yang harus anda lakukan memastikan letak kebocorannya jika memang benar bocor atau pecahnya nut sambungan anda harus menggantinya dengan yang baru.

Langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk penggantian nut sambungan ini, ikuti langkah berikut :

  • Jika kebocoran freon belum lah lama terjadi maka biasanya freon masih ada di dalam sistem, dan jika freon masih ada, anda harus pum down dulu agar freon masih bisa di gunakan kembali.
  • Langkah selanjutnya hidupkan AC dan setting di mode cool, kemudian setelah outdoor hidup tunggu beberapa saat, pergunakan kunci L untuk menutup kran 2 way di sisi pipa tekan tunggu sebentar kemudian tutup kran di pipa hisapnya dan matikan AC, Saran saya jika melakukan pum down seperti ini sebaiknya gunakan analyzer agar kita bisa mendeteksi freon yang masuk ke kondensor bisa kita deteksi.
  • Jika AC sudah di matikan lepas kan nut sambungan yang bocor tersebut kemudian ganti dengan yang baru, dan kembangkan dengan fairing tool.
  • Kemudian pasang kembali nut tersebut ke pipa instalasi dan kencangkan.
  • Setelah itu kita vakum terlebih dahulu sistem menggunakan alat vakum, usahakan sampai ke titik -30, tunggu sekitar 15 menit dan perhatikan jika jarum bergerak berarti masih ada kebocoran, ulangi dan periksa semua sambungan kembali, jika sudah tidak ada kebocoran ulangi lagi vakum instalasi seperti di atas. 
  • Setelah kita vakum langkah selanjutnya mengisi freon ke sistem dengan membuka analyzer perlahan jangan di buka semua, agar tidak merusak klep di kompresor.
  • Setelah itu hidupkan AC, dan isi kembali dengan pelan-pelan ya guys!.
  • Sesuaikan ampere dengan name plate dan cek kondisi evaporator jika sudah terasa dingin di semua permukaannya pengisian berhasil dan AC siap di gunakan kembali.
  • Pekerjaan selesai.
Ok sobatku! Semua, demikianlah cara mengatasi kebocoran freon yang berada di nut sambungan AC, semoga artikel ini bermanfaat dan jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Salam dingin.

Posting Komentar untuk "Cara mengatasi kebocoran freon pada naple AC"