Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara melihat kondisi kapasitor AC

Juraganacee.com - Hai sobat semua, selamat berjumpa kembali di blog ini, di pertemuan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara melihat atau mengecek kondisi kapasitor pada AC split, terutama kapasitor yang ada di outdoor unit.

 

Karena yang akan kita bahas tentang kapasitor yang ada di outdoor unit, maka kita akan membahas hanya Kapasitor yang ada di outdoor unit saja ya! 

Kapasitor yang ada di outdoor AC , ada 2 buah yaitu untuk motor fan dan untuk kompresor, jika terjadi kerusakan pada  kapasitor pada kompresor bisa menyebabkan kompresor tidak bekerja dengan baik, dan akibatnya AC tidak bisa dingin.

Untuk itu kondisi kapasitor harus dalam kondisi baik, dan di bawah ini akan saya jelaskan tentang hal-hal yang dapat anda lakukan untuk mengecek kondisi kapasitor tersebut.

Cara mengecek kondisi kapasitor AC

  • Melihat dari bentuk fisiknya. 
Kondisi kapasitor yang baik jika di lihat dari fisiknya biasanya tidak ada tanda- tanda yang mencurigakan atau kondisi fisiknya mulus dan tidak ada gelembung atau cairan yang keluar dari body kapasitor tersebut, dan kapasitor yang sudah rusak biasanya di tandai adanya gelembung atau cairan yang keluar dari body kapasitor tersebut, atau terdapat bau hangus bekas terbakarnya kapasitor tersebut.
  • Mengukur dengan multitester analog 
Sebelum anda mengukur kapasitor, lepaskan dulu kapasitor tersebut dari socket-socket nya ya!, kemudian aturlah posisi jarum multi tester ke posisi pengukuran ohm.

Lakukan pengukuran dengan menempelkan probe warna hitam dan merah ke kedua terminal kapasitor. 

Jika jarum pengukuran bergerak ke kanan sampai titik 0 ohm kemudian berbalik kembali perlahan-lahan maka kapasitor bisa dinyatakan dalam keadaan baik. 

Jika jarum berbalik tetapi hanya sampai ketengah maka kapasitor dalam kondisi sudah lemah atau tidak baik. 

Jika kapasitor bergerak sampai ke titik 0 ohm dan tidak bergerak sama sekali maka kondisi kapasitor rusak. 

Untuk pengukuran yang menggunakan multi tester digital anda bisa mengarahkan jarum penunjuk multi tester ke ukuran kapasitor kemudian probe warna hitam dan merah tempelkan dan display akan menunjukan nilai kapasitasnya dari kapasitor tersebut, jika rusak kapasitor tidak akan menunjukan ukuran tertentu, jika dalam kondisi baik maka display akan menunjukannya di display.

Ok sobat ku semua . Demikian ulasan kita kali ini, semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi anda yang sedang mencari cara untuk pengecekan kapasitor pada AC split. 

Selamat bekerja kembali dan salam dingin selalu.

Posting Komentar untuk "Cara melihat kondisi kapasitor AC"