Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komponen outdoor AC split

Juraganacee.com - komponen-komponen yang ada dan terdapat pada unit outdoor AC split, itu merupakan satu rangkaian yang saling mendukung dan berkaitan antara komponen yang satu dengan yang lainnya, dalam hal ini kerja dari kompresor tidak akan bisa berjalan jika salah satu komponen pendukung mengalami kerusakan, oleh sebab itu semua komponen menjadi sangat penting.

           Komponen outdoor unit

Pada artikel saya kali ini, saya akan memberikan sedikit gambaran kepada sobatku semua tentang komponen apa saja yang ada di dalam outdoor unit sebuah AC ruang.

Komponen-komponen outdoor AC split

  • Kompresor
Fungsi dari komponen ini adalah sebagai mesin penggerak atau pemompa gas freon dalam sistem instalasi AC ruang.
  • Kapasitor kompresor
Fungsi dari komponen ini adalah sebagai starting untuk kompresor saat bekerja, dan nilai nya berbeda-beda tergantung kapasitas kompresornya.
  • Kapasitor fan 
Fungsinya sebagai starting untuk motor fan yang berfungsi sebagai pembuang panas di outdoor unit.
  • Motor fan 
Fungsinya sebagai motor penggerak untuk baling-baling yang ada di kipas outdoor unit.
  • Overload
Fungsi nya sebagai pemutus arus ke kompresor jika mengalami panas yang berlebihan di dalam kompresor.
  • Kondensor
Fungsi dari komponen ini sebagai penukar kalor ( heat exchange ) untuk merubah gas freon bertekanan tinggi menjadi cair dan diteruskan masuk ke filter dan pipa kapiler pada sistem. 
  • Pipa kapiler
Fungsinya sebagai penurun dan mengatur aliran freon menuju evaporator. Pipa kapiler perannya sangat vital karena berhubungan dengan tekanan tinggi dan tekanan rendah pada sistem. 

Semua komponen-komponen yang saya sebutkan di atas merupakan komponen yang saling berkaitan atau berhubungan antara satu komponen dengan komponen yang lain, karena jika ada salah satu mengalami kerusakan  maka outdoor unit tidak akan bekerja dengan normal. 

Untuk itu kita harus selalu melakukan perawatan agar outdoor unit selalu dalam kondisi prima.

Ok sobatku!

Demikian ulasan saya kali ini, dan semoga ulasan yang singkat ini bisa bermanfaat dan berguna bagi kalian semua terutama bagi pemula yang sedang mencari informasi tentang komponen apa saja yang ada dalam unit outdoor sebuah AC ruang.

Salam dingin selalu ya guys. 

Posting Komentar untuk "Komponen outdoor AC split"