Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kode eror E2 mesin cuci sharp

 

Kode eror E2 mesin cuci sharp

Juraganacee.com - kode eror E2 mesin cuci Sharp ES-M805P. Beberapa hari yang lalu saya baru saja memperbaiki sebuah mesin cuci merk Sharp dengan model ES-M805P, dimana mesin cuci tersebut mengalami kerusakan dan kode eror yang muncul di display adalah E2.

Sebenarnya di postingan yang telah lalu saya sudah membahas tentang kode eror mesin cuci Sharp ini, tetapi disini saya akan membahas lebih detail tentang munculnya kode E2 pada mesin cuci Sharp dan cara memperbaikinya.

Sebelumnya kita telah mengetahui bahwa kode E2 yang muncul di mesin cuci Sharp itu berarti terjadi masalah di switch pintu mesin cuci, ini bisa disebabkan karena berkarat atau kabel putus sehingga muncul kode tersebut.

Ok guys! Kita langsung ke pokok pembahasan tentang cara mengatasi kode eror E2 pada mesin cuci Sharp model ES-M805P.

Kode eror E2 mesin cuci Sharp ES-M805P

Model mesin cuci Sharp ini tipe nya adalah top loading itu artinya pintu berada pada bagian atas.

Sebelum anda melakukan pembongkaran tutup mesin cuci, perhatikan dulu keberadaan bautnya, setelah mengetahui baut tersebut lepaskan menggunakan obeng + biasanya model ini berada di sisi belakang bagian atas mesin cuci.

Setelah baut terlepas tarik penutup nya ke atas! Nah penutup sudah bisa kita lepas, kemudian perhatikan di dalam situ terdapat beberapa komponen Selenoid, switch pintu, dan water level.

Perhatikan lah switch pintunya dengan melepas socket dan angkat keluar dari tempatnya!

Pengecekan switch pintu

Untuk selanjutnya kita harus memeriksa kondisi dari switch pintu tersebut, dengan menggunakan multitester atau ohm meter.

Arahkan jarum penunjuk multitester ke posisi buzzer atau lambangnya bergambar seperti diode.

Kemudian tempelkan ke dua ujung probe warna merah dan hitam ke switch pintu tersebut kemudian dengan bergantian kita tarik tuas switch pintu tersebut ke atas dan ke bawah sambil kita dengarkan apakah multitester terdengar bunyi beep atau tidak.

Dengan kata lain jika kita tarik ke atas terdengar bunyi beep dan setelah kita lepaskan harus tidak terdengar bunyi beep, dengan kondisi demikian switch pintu dalam kondisi baik tetapi jika sebaliknya maka kondisinya switch sudah rusak.

Cara mengatasi switch pintu rusak

Jika kondisi switch pintu rusak atau sudah tidak normal tidak ada jalan lain kecuali dengan mengganti switch pintu tersebut dengan yang baru, atau ada solusi lain selain mengganti dengan yang baru yaitu dengan menghubungkan langsung antara ke dua socket yang masuk ke terminal switch pintu tersebut.

Kekurangan atau kelemahan switch pintu di sambung langsung

Jika kita menyambungkan langsung antar socket yang masuk ke switch pintu itu artinya kita tidak menggunakan sensor pintu yang mengakibatkan jika mesin cuci di gunakan dan pintu mesin cuci dibuka maka mesin cuci akan terus berjalan, sedangkan jika menggunakan sensor pintu maka mesin cuci akan mati.

Jadi pada intinya switch pintu itu sebagai pengaman untuk melindungi dari jangkauan anak atau jika dalam proses pencucian sedang berlangsung pintu di buka maka mesin cuci akan otomatis mati.

Untuk lebih amannya kita harus ganti switch tersebut dengan yang baru, agar semua aman dan terkendali he..he iya kan guys!

Ok, setelah kita mengganti switch pintu tersebut dengan 
yang baru pasang kembali seperti semula dan kita coba hidupkan Mesin cuci nya!! Dan jreng kode eror E2 sudah hilang.

Jika switch pintu sudah kita ganti dan kode eror E2 masih muncul, kita harus memeriksa jalur kabel dari switch pintu ke modulnya jika ada yang putus kita harus menyambungnya kembali.

Ok guys!
Dengan demikian kita bisa menutup kembali semua penutup mesin cuci dan pekerjaan selesai.
Selamat mencoba!

16 komentar untuk "Kode eror E2 mesin cuci sharp"

  1. Mesin cuci saya tipe 2 tabung dan yg rusak pada Timer dgn no PASS 5 M 8 Y 19, apa bisa diganti dgn nomor lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa ..di pasaran bisa di beli untuk mengganti nya

      Hapus
  2. Mesin cuci saya pintu ny masih bener dan rapet to knp y keluar kode E2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba buka dan periksa kabelnya, bisa jadi switch pintu bagus tetapi kabel di dalamnya putus ..semoga bisa membantu

      Hapus
    2. Kalau tidak ada kabel yang putus bagaimana cara mengatasinya?

      Hapus
  3. Periksa modulnya mas ...pasti ada yg bermaslalah

    BalasHapus
  4. Mas mau tanya, kalo untuk nyuci lancar, tp kalo untuk ngeringin kadang bisa, kadang ngga (Muncul Kode E2) gmn ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi switch pintu berkarat atau kotor solusinya di bersiihkan saja bongkar di bawah di bawah pintu samping bagian belakang

      Hapus
  5. Msn cuci saya ES-G865P-G. Sejak beli 3 thn, Biasanya, kalau masih baru mulai (hanya Tekan Tombol Power ,
    walaupun pintu terbuka/tertutup, sebelum tekan tombol Start) tidak pernah error. Sekarang, walaupun pintu tertutup (belum dibuka)...begitu tekan power langsung E2. Walaupun pintu dibuka-tutup, tetap E2.

    BalasHapus
  6. Msn cuci saya ES-G865P-G. Sejak beli 3 thn, Biasanya, kalau masih baru mulai (hanya Tekan Tombol Power ,
    walaupun pintu terbuka/tertutup, sebelum tekan tombol Start) tidak pernah error. Sekarang, walaupun pintu tertutup (belum dibuka)...begitu tekan power langsung E2. Walaupun pintu dibuka-tutup, tetap E2.

    BalasHapus
  7. Izin mau nanya ni mas, Mesin cuci sy masih baru kalau untuk nyuci putaran nya lancar tapi pada saat ingin mengeluarkan air nya muncul kode E2 padahal selang pembuangan air tidak ada yg tersumbat, itu kenapa ea mas, mohon petunjuk nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya kode E2 itu ada masalah di switch pintu nya, coba di periksa mungkin terganjal sesuatu atau kurang pas nutupnya..dan jika pembuangan kurang lancar mungkin ada koin uang tersumbat di pertigaan pembuangan airnya mas...semoga bisa membantu

      Hapus
    2. Sebenarnya kode E2 terdapat masalah pada switch pintu coba periksa mungkin terganjal sesuatu atau kurang pas nutupnya .dan kalo pembuangan air kurang lancar biasanya ada koin yg masuk ke selang pembuangan coba periksa semoga bisa membantu

      Hapus
  8. Mesin cuci Saya sharp eco drum tipe ES-N85KY. Air tidak mau mengisi,yang harus dicek apa saja,Mas?
    Trs dibuat spin aja,diset pada 12 menit,kira² bekerja 6 menit berhenti & muncul kode E2.
    Apakah trouble yang pertama & kedua ada kerusakan part yang sama?
    Apakah yang harus dicek?
    Makasih sebelumnya.

    BalasHapus