Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik solder dan desoldering

 Juraganacee.com - solder listrik adalah suatu alat elektronik yang dapat memanaskan timah dan dapat di gunakan untuk memasang atau melepas komponen elektronika pada sebuah papan PCB.

Teknik solder dan desoldering

Untuk dapat memperoleh hasil yang bagus dalam penyambungan komponen elektronika sebaiknya menggunakan solder listrik yang bagus, agar penyambungan kita benar-benar tersambung dengan baik.

Dalam penggunaanya solder membutuhkan media atau bahan perekat sambungan yaitu timah solder atau sering kita sebut tenol.

Timah yang di gunakan agar mendapatkan hasil penyambungan yang bagus biasanya berukuran 0,8 mm dan menggunakan komposisi 60/40.

Untuk menggunakan solder listrik ini anda harus memperhatikan beberapa hal agar tidak salah dalam pembelian solder ataupun penggunaanya.

Hal pertama yang harus anda ketahui adalah kekuatan daya solder, sesuaikan dengan kebutuhan anda. Karena daya solder ini berbeda-beda ada yang 25w,40w,75w,100w,150w.

Maka dari itu sesuaikan dengan kebutuhan anda agar tidak merusak komponen nantinya.

Perawatan solder

Solder juga membutuhkan perawatan agar awet dan tahan lama, dan perawatan berkala sangat di butuhkan dalam hal ini. Hindari menggunakan amplas gosok agar tidak merusak mata solder.

Usahakan selalu di bersihkan setelah anda gunakan dan tidak meninggalkan sisa timah di mata solder, simpan di tempat yang aman dan jangkauan anak-anak.

Cara mensolder

  • Colokan solder yang akan kita gunakan ke sumber arus dan tunggu beberapa menit sampai solder benar-benar panas.
  • Tempatkan solder pada dudukan solder.
  • Bersihkan ujung mata solder.
  • Beri sedikit timah ke ujung mata solder.
  • Bersihkan komponen dan PCB yang akan kita pasang.
  • Pasang komponen di papan PCB.
  • Tempelkan ujung mata solder pada PCB dan tempelkan timah pada lubang yang kita masukan komponen tadi sampai menempel dengan kuat.
  • Dan usahakan jangan terlalu lama agar tidak merusak komponen yang kita pasang.
  • Potong sisa kaki komponen agar terlihat rapi.
Note : usahakan waktu men solder kepala kita jangan sejajar dengan solder karena asap solder berbahaya buat kesehatan kita.

 Teknik desoldering

Desoldering adalah pelepasan kaki komponen elektronika dari PCB. Untuk pelepasan komponen seperti ini kita harus menggunakan alat bantu penyedot timah agar pelepasan komponen lebih cepat dan mudah di lakukan. Alat penyedot timah ini biasa kita sebut atraktor atau solder pump.

Panaskan komponen yang akan kita lepas setelah terlihat mencair atraktor kita tempelkan pada ujung komponen dan pencet untuk menarik timah masuk ke atraktor atau solder pump. Setelah timah terlepas kita tinggal menarik komponen keluar dari lubang PCB.

Dengan menguasai kedua teknik tersebut kita akan lebih mudah melakukan perbaikan dan tentunya lebih mahir dalam urusan elektronika iya kan guys?

Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Teknik solder dan desoldering"