Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menggunakan Leak detector

Cara menggunakan Leak detector

Juraganacee.com - Leak detector adalah alat yang di gunakan untuk mendeteksi adanya kebocoran refrigerant pada sistem pendingin.

Alat ini berguna sekali bagi para teknisi pendingin untuk mencari kebocoran gas refrigerant terutama jika kebocoran tersebut letaknya di sudut yang sukar di jangkau.

Dengan alat ini kita bisa mengetahui adanya kebocoran yang terjadi, kebanyakan sering kita jumpai alat pencari kebocoran dengan menggunakan nyala api yang di pakai bahan bakunya menggunakan alkohol propane, actyiline dan gas alam.

Dengan alat seperti itu bisa di ketahui dengan melihat adanya perubahan nyala api saat terkena bocoran gas refrigerant tersebut.

Ruangan tepat pemeriksaan sebaiknya bersih dari sisa-sisa bahan pendingin agar tidak mengganggu saat di lakukan tes kebocoran dan sebaiknya udara di sekitar tempat yang akan kita periksa itu terdapat udara yang bisa mengalir.

Hal tersebut di maksudkan agar bahan pendingin yang bocor dan udara yang mengalir dapat di hisap oleh alat detector tersebut.

Alat detector ini pada ujungnya menggunakan selang karet untuk mendeteksi kebocoran, dan di dekatkan pada tempat yang ada kebocorannya, dan tidak boleh menempel supaya udara dapat terhisap oleh leak detector tersebut.

Warna api leak detector

1. Biru jika tidak ada kebocoran.
2. Hijau jika ada kebocoran sedikit.
3. Ungu jika ada kebocoran.

Jika di suatu ruangan dan di situ banyak terdapat kebocoran gas cara di atas akan sedikit sulit karena terdapat gas refrigerant yang bercampur di ruangan tersebut kita harus menunggu sampai gas bisa keluar dari ruangan tersebut untuk lebih memudahkan dalam pencarian kebocoran gas refrigerant.

Tempat kebocoran juga bisa di lihat dengan adanya banyak oli yang keluar dari tempat kebocoran yang terjadi.

Bila kebocoran berada pada sisi tekanan tinggi bisa di lihat dengan cara menghidupkan sistem dan bila terjadinya di sisi tekanan rendah maka kita bisa mengisi sistem dengan gas refrigerant terlebih dahulu.

Cara menggunakan Leak detector

Untuk menggunakan alat leak detector seperti penampakan gambar yang ada di atas kita harus menggunakan 4 baterai kecil dan kita masukan pada tempatnya, kemudian setelah itu hidupkan alat tersebut dengan memutar tombol ke posisi 2 atau 3 atau jika kurang putar ke posisi 4.

Setelah kita putar arahkan selang karet pada ujung leak detector ke area yang kita curigai adanya kebocoran gas refrigerant jika terdengar bunyi buzzer atau unyu beep berarti di situ terdapat kebocoran refrigerant.

Mudah bukan?

Untuk itu alat ini sangat berguna sekali dan gampang penggunaannya untuk membantu kita dalam pekerjaan terutama untuk mencari kebocoran-kebocoran kecil pada sistem pendingin.

Ok guys ! Demikianlah artikel saya kali ini semoga bermanfaat dan salam  dingin.








Posting Komentar untuk "Cara menggunakan Leak detector"