Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sistem pengisian model fronstline

Sistem pengisian model fronstline
Juraganacee.com - Selamat berjumpa kembali ya guys, di pertemuan kita kali ini saya akan membahas tentang cara pengisian refrigerant pada AC dengan melihat kondisi frostline yang ada di evaporator.

Kalau jumlah volume pengisian tidak kita ketahui dan di name plate hanya tertulis isi maksimumnya saja, atau sistem sudah mengalami banyak perubahan maka kita bisa melakukan pengisian dengan model fronstline.

Pada saat kompresor belum berjalan kita bisa mengisi sistem dengan memasukan refrigerant di tekanan 80 psig dulu sambil menutup kran dan kita bisa melakukan pengecekan kebocoran pada sistem.

Setelah kita ketahui bahwa sistem tidak ada kebocoran, kita bisa menjalankan unit AC, setelah kompresor berjalan kita periksa tekanan tinggi dan cek ampere sekaligus evaporator nya.

Pada saat tekanan tinggi sudah mencapai 100 psig kondensor sudah mulai hangat, dan ujung pipa masuk ke evaporator mulai ada bunga es.

Mulai lah masukan refrigerant secara bertahap dan pelan-pelan agar tidak merusak klep kompresor.

Perhatikan hawa di kondensor akan mulai panas secara merata, dan lama kelamaan evaporator akan tertutup adanya bunga es dan ini biasanya tekanan rendah sudah mencapai 50-60 psig dan di sisi tekanan tinggi di angka 240-260 psig.

Pada kondisi ini kita bisa menutup kran pengisian dan memperhatikan bunga es yang ada di evaporator nya.

Jika evaporator masih tertutup oleh bunga es kita bisa menambah refrigerant sampai bunga es hilang dan cek kondisi ampere yang ada.

Usahakan bunga es benar-benar hilang dari evaporator karena jika masih ada itu berarti refrigerant masih kurang.

Ukuran tekanan yang pas untuk AC ruang adalah saat evaporator sudah terasa dingin secara merata dan hembusan angin di outdoor terasa panas merata dan tidak ada bunga es di seluruh pipa tembaga biasanya tekanan itu sudah cukup.

Setelah kondisi nya sama seperti yang sudah saya jelaskan di atas langkah selanjutnya kita diamkan dan tunggu beberapa saat, jika tidak ada perubahan berarti pengisian refrigerant sudah cukup.

Ok guys ! 

Demikian artikel singkat tentang cara pengisian refrigerant berdasarkan timbulnya bunga es pada evaporator, semoga bermanfaat dan salam dingin.




Posting Komentar untuk "Sistem pengisian model fronstline"