Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab kabel kompresor AC terbakar

Juraganacee.com - Apa penyebab terjadinya kabel atau socket kompresor AC terbakar, ini bisa di sebabkan oleh panas yang berlebihan atau disebabkan oleh hal-hal yang lain seperti longgarnya sambungan atau jika kabel pernah di ganti kabel kurang besar. Dalam artikel saya kali ini, saya akan membahas tentang sebab-sebab terjadinya kabel kompresor bisa terbakar.



Penyebab kabel kompresor terbakar

Seperti contoh gambar di atas, terbakarnya kabel atau terminal kompresor bisa saja terjadi kapan saja dan itu membahayakan karena bisa menyebabkan kebakaran, terbakarnya socket kompresor sering saya jumpai pada AC yang terlalu dipaksakan dalam proses pengoperasiannya.

AC yang tidak dingin dan di hidupkan secara terus menerus itu akan membuat kompresor menjadi panas apalagi jika overload mengalami kerusakan, jika hal itu di biarkan lama kelamaan akan membuat terminal kompresor menjadi terbakar karena panas yang sangat berlebihan.

Selain itu penyebab lain dari terbakarnya socket atau kabel kompresor bisa di sebabkan karena socket yang longgar atau terbuka sehingga akan timbul percikan api dan dapat menyebabkan terbakarnya socket dan kabel kompresor.


Penyebab lain bisa di sebabkan karena gas freon di dalam sistem terlalu berlebihan, dan hal itu bisa menyebabkan kerja dari kompresor menjadi berat, dan bisa menyebabkan kompresor menjadi cepat panas.

Selain itu juga penyebab lainnya adalah karena nilai kapasitor untuk kompresor terlalu besar atau tidak sesuai dengan kapasitas kompresor, dalam berbagai kasus jika dalam penggantian kapasitor tidak di sesuaikan dengan kapasitor aslinya, maka hal itu bisa menyebabkan kompresor menjadi cepat panas dan berakibat socket dan kabel kompresor terbakar.

Untuk menghindari hal-hal yang saya sebutkan di atas usahakan kondisi AC selalu dalam kondisi prima yaitu :
  • Usahakan volume gas freon sesuai dengan kapasitas dari AC tersebut. 
  • Usahakan Kuat arus atau ampere kompresor sesuai dengan name plate, agar umur kompresor bisa bertahan lama.
  • Kapasitas AC ruang anda sesuai dengan luas ruangan yang digunakan. 
  • Usahakan melakukan perawatan rutin atau berkala untuk AC ruang anda.
  • Usahakan jika melakukan penggantian kapasitor kompresor sesuaikan dengan yang aslinya agar tidak terjadi panas yang berlebihan saat kompresor bekerja.
Ok sobat! ku semua.

Demikianlah ulasan saya kali ini tentang sebab-sebab terjadinya socket atau kabel kompresor bisa terbakar, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi sobatku semua, selamat bekerja kembali dan sehat selalu, salam persahabatan selalu. 

Posting Komentar untuk "Penyebab kabel kompresor AC terbakar"