Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Motor penggerak mesin cuci

Juraganacee.com - Komponen-komponen yang ada di dalam mesin cuci semuanya penting dan semuanya mempunyai fungsi yang saling berkaitan, oleh sebab itu jika salah satu komponen mengalami kerusakan maka hal itu tentu saja akan berpengaruh pada  kinerja dari mesin tersebut.

Salah satu komponen yang sangat vital di dalam sebuah mesin cuci adalah adanya sebuah penggerak mesin cuci atau motor wash yang merupakan salah satu bagian yang sangat penting, komponen ini bertugas memutar pulsator yang berada pada perangkat sebuah mesin cuci.

Jenis mesin cuci

Dari berbagai jenis mesin cuci yang ada, bisa kita bagi menjadi 3 jenis, yaitu :

  1. Mesin cuci 2 pintu ( manual )
  2. Mesin cuci 1 pintu atas otomatis ( top loading )
  3. Mesin cuci 1 pintu depan otomatis ( front loading )
Dari ketiga jenis mesin cuci ini, semuanya mempunyai motor penggerak yang berbeda, kekuatan putarannya juga berbeda-beda, tentu saja harga dari komponen ini juga berbeda, baik harga mesin cuci nya dan juga komponen-komponen yang ada di dalam mesin cuci tersebut. 

Di sini saya akan sedikit mengulas tentang ketiga jenis motor penggerak yang ada di dalam mesin cuci tersebut.

Motor penggerak mesin cuci
  1. Motor mesin cuci tipe front loading


Motor ini mempunyai kekuatan putar yang paling kuat, jenis motornya adalah motor universal daya sekitar 700watt menggunakan kumparan lebih tebal dan memakai anker lilitan untuk memperkuat daya putarnya.

Di gunakan di banyak mesin cuci dengan pintu bukaan depan atau front loading, produk-produk terkenal  seperti LG, samsung, electrolux, lux Royal,Sharp dan lain-lain. Diantara ketiga jenis mesin cuci yang ada motor ini lah yang paling kuat dan tahan lama. 

2.Motor mesin cuci tipe Top loading


Motor ini mempunyai daya putar cukup kuat tetapi berbeda dengan jenis motor dari tipe front loading, karena tidak menggunakan anker pada kumparan motornya. 

Daya sekitar 110 watt sampai 145 watt, tergantung merk dan kapasitas dari produk mesin cuci tersebut.

 3.Motor mesin cuci 2 pintu

Motor ini mempunyai daya sekitar 100 watt sampai 120 watt, daya putarannya masih dibawah dari kedua motor yang saya sebutkan di atas, kekurangan motor ini adalah daya putar yang kurang kuat karena menggunakan kumparan berdiameter kecil, sehingga kekuatannya tidak sekuat seperti motor tipe top loading ataupun tipe front loading. 

Dari penjelasan yang sudah saya sampaikan di atas tentunya ada sudah bisa menilai sendiri, jenis mesin cuci apa yang cocok dan ingin ada gunakan di rumah anda.

Salam dingin. 

Yang perlu anda ketahui juga harga dari masing-masing mesin cuci juga berbeda, itu tergantung dari kapasitas dan fitur yang di gunakan dari mesin cuci tersebut.

Ok sobat! Ku

Demikianlah ulasan kita kali ini, semoga bermanfaat dan berguna bagi anda yang sedang mencari informasi tentang motor penggerak yang di gunakan di dalam sebuah mesin cuci. 

Selamat beraktifitas dan selamat bekerja kembali semoga sukses selalu, salam persahabatan.

Salam dingin. 

Posting Komentar untuk "Motor penggerak mesin cuci"