Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menentukan kaki pin sensor remot

Juraganacee.com - Sensor remote atau yang sering kita sebut dengan istilah receiver dan ada juga yang menyebutnya dengan nama sensor mata kucing, adalah komponen yang  berfungsi sebagai penerima sinyal dari pancaran atau gelombang infrared dari remote AC.


Mata sensor universal
Komponen seperti ini biasanya berada pada  indoor unit, nah di artikel saya kali ini, saya akan memberikan petunjuk bagi teman-teman tentang cara menentukan kaki-kaki pin yang ada pada komponen tersebut menggunakan multi tester analog.

Ok guys! Kita langsung ke TKP!

Cara menentukan kaki sensor


  1. Menentukan kaki V.C.C nya ( tegangan 5V) 
  • Tempelkan kabel hitam (-) dari multi tester di kaki sensor Ground. 
  • Sedangkan kabel merah (+)  di kaki sensor yang VS (out). Jika pengukuran antara kaki VS dan ground, jarum multi tester dapat bergerak maka kaki VS adalah V.C.C nya. 
  • Dan untuk memastikan kaki V.C.C nya sudah benar dapat anda lakukan dengan menempelkan kabel merah (+)  dengan kaki sensor yang Vs dan kabel (-)  untuk kaki sensor OUT maka jarum multi tester akan bergerak keatas.
2. Menentukan kaki ground. 
  • Tempelkan kabel hitam (-)  di kaki ground
  • Sedangkan yang merah (+)  di kaki VS atau OUT. Jika pengukuran dengan kaki VS jarum multi tester bergerak maka kaki sensor tersebut adalah Ground
  • Untuk memastikan kaki Ground sudah benar, dapat di lakukan dengan menempelkan probe merah (+)  dengan kaki OUT dan probe (-)  untuk kaki ground maka jarum multi juga akan bergerak. 
3.Menentukan kaki I.R atau output sensor. 
  • Setelah langkah 1 dan 2 sudah di lakukan Kuta dapat memastikan bahwa kaki sensor yang terakhir adalah I.R atau penerima data yaitu OUT. 
Ok sobatku semua demikianlah  cara menentukan kaki-kaki pin pada sensor remote yang bisa anda lakukan sendiri, perlu anda ketahui bahwa sensor yang beredar di pasaran bermacam-macam jenisnya dan untuk mata sensor yang kita bahas di atas adalah jenis mata sensor universal atau bisa diaplikasikan ke berbagai merk AC yang ada di pasaran.

Semoga artikel ini bermanfaat dan berguna untuk teman-teman semua. 

Salam dingin. 

3 komentar untuk "Cara menentukan kaki pin sensor remot"

  1. Balasan
    1. Setahu saya untuk alat atau rangkaian yg bisa menentukan kaki2 nya sensor tidak ada gan..

      Hapus
  2. Tidak ada gambar posisi kaki pin yg membantu

    BalasHapus