Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menggunakan tang ampere





Juraganacee.com - Tang Ampere (clamp ampere) merupakan sebuah peralatan  elektronik yang berfungsi untuk mengukur kuat arus suatu aliran listrik. Alat ini biasa digunakan oleh para teknisi yang berkecimpung dalam dunia kelistrikan.

Seperti saya sendiri menggunakan alat ini untuk keperluan pengukuran kuat arus listrik yang menuju ke kompresor, dengan tang ampere kita bisa mengukur kuat arus yang menuju ke beban sebuah motor atau kuat arus dari instalasi listrik di rumah kita.

Jika kita mengetahui kuat arus yang menuju suatu beban motor maka kita bisa mengetahui kondisi dari motor tersebut. Normal dan tidaknya suatu motor bisa kita ketahui dengan mengetahui kuat arus yang terdeteksi dari tang ampere ini.


Cara penggunaan tang Ampere (clamp ampere)

Sebelum anda menggunakan tang ampere ini, perlu di ketahui alat ini bekerja berdasarkan fluktuasi magnet yang berada didalam alat tersebut dan di dalamnya ini terdapat transformator.

Nilai ukur arus listrik akan di konversi ke layar display di clamp ampere ini, dan nilai inilah yang menjadi patokan kita bahwa arus beban telah terukur dan hasilnya sudah bisa kita baca di display ini.

Cara penggunaanya adalah dengan memasukan clamp ampere ini ke salah satu kabel yang menuju ke beban yang akan kita ukur.

Anda bisa memilih salah satu kabel saja (jangan 2 kabel ya guys!) Karena jika 2 kabel sekaligus alat ini tidak akan bisa mendeteksi arus.

Langkah pengukuran dengan tang ampere
  • Arahkan jarum penujuk tang ampere pada posisi pengukuran kuat arus yaitu pada posisi Ampere,  Usahakan nilai ukur ini melebihi kuat arus dari beban yang akan kita ukur agar tidak merusak alat tersebut. Misalnya kita akan mengukur kompresor dengan arus yang tertera di name plate 2 ampere berarti kita arahkan penujuk knop pada ukuran 20 ampere.

 

  • Cepitkan clamp ampere ini di salah satu kabel yang menuju ke beban yang akan kita ukur arusnya, bisa dibolak balik ya guys, yang penting hanya satu kabel saja.

 

  •  Kemudian perhatikan nilai ukur yang tertera di display tang ampere ini, dan nilai inilah yang menjadi ukuran dari kuat arus beban yang sudah kita ukur tadi. 

Untuk pengukuran suatu beban motor yang pada nameplate tertulis 5A maka jarum pengukuran bisa kita arah kan ke angka 20A. Yang penting arah jarum knop harus lebih tinggi dari beban yang kita ukur ya guys!

Jangan mengarahkan jarum penujuk kurang dari beban normal pada sebuah motor karena ini bisa merusak tang ampere yang kita miliki.


Dari berbagai jenis tang ampere, dari merk terkenal sampai yang termurah untuk fungsi sama saja tetapi yang membedakan adalah keakuratan nilai pengukuran dan keawetan dari alat tersebut.

Merk kyoritsu adalah merk yang paling sering digunakan oleh para teknisi. Disamping harga terjangkau merk ini lumayan awet dan tahan lama.

Untuk harga tang ampere di bandrol dengan harga mulai  dari 70 ribu ke atas, untuk tang ampere dengan merk seperti  crisbow dan value adalah merk yang cukup  terkenal dan harganya juga mahal karena memang kwalitasnya bagus.

Untuk memiliki tang ampere tersebut tergantung dari anda dan teman-teman semua, jika ingin memilik tang ampere sendiri anda bisa menyesuaikan dengan buged dan keuangan anda ya guys.

Ok sobat ku semua! Semoga tutorial ini bermanfaat dan berguna bagi anda semua terutama bagi pemula yang belum mengetahui tentang cara penggunaan dari tang ampere ini.

Selamat beraktifitas kembali dan salam hangat selalu.

Posting Komentar untuk "Cara menggunakan tang ampere"