Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara kerja water level mesin cuci

 


Juraganacee.com - komponen penting di dalam sebuah mesin cuci di antaranya adalah water level, jika komponen water level ini bermasalah akan berpengaruh terhadap proses pencucian sebuah mesin cuci. Nah untuk itu di postingan saya kali ini kita akan membahas tentang cara kerja water level mesin cuci.

Sebelum melangkah lebih jauh kita akan mengenal terlebih dahulu tentang apa itu yang di namakan water level ini.

Fungsi water level

Fungsi utama dari komponen ini adalah sebagai sensor ketinggian air yang masuk ke tabung sebuah mesin cuci ya guys.

Yang pada intinya water level ini akan mengatur air masuk ke tabung dan setelah ketinggian air tercapai water level ini akan memberi sinyal frequensi tertentu ke modul mesin cuci untuk segera menghentikan atau menutup selenoid agar air berhenti.

Bahan yang di gunakan dalam water level

Di dalam water level ini, di dalam nya  menggunakan semacam pegas kecil dan lilitan tembaga yang di lilitkan ke inti besi dan di bagian luar ada semacam ulir yang akan bergerak jika mendapat tekanan dari air di dalam tabung mesin cuci. 

Water level seperti ini di gunakan di mesin cuci jenis top loading dan front loading, sedang kan untuk jenis manual atau 2 pintu tidak menggunakan komponen ini.

Pengaruh jika water level rusak terhadap proses pencucian

Jika sebuah mesin cuci mengalami eror atau rusak di bagian water level ini biasanya berpengaruh pada air masuk ke tabung, tanda-tandanya bisa kita lihat jika air di tabung sudah penuh tetapi air tidak berhenti sehingga air akan  over ( tumpah ke luar tabung ).

Gejala lainya adalah proses pencucian juga tidak akan normal, seperti pengalaman saya di lapangan ya guys, proses pencucian akan lompat-lompat, dari mencuci kemudian langsung ke pengeringan atau sebaliknya.

Cara mendeteksi water level dalam keadaan baik

Perlu sobat ku semua ketahui bahwa water level bekerja berdasarkan frequensi sehingga untuk mengukur ini biasanya menggunakan osciloskop untuk hasil yang akurat, tetapi kita masih bisa menggunakan multimeter tetapi hasilnya tidak akan seakurat jika mengukur dengan menggunakan alat yang saya sebutkan di atas.

Untuk mengukur menggunakan multimeter sobat bisa mengukur bagian pin di water level, jika hambatan yang terjadi berkisar antara 10 - 50 ohm biasanya water level masih bisa di gunakan.

Cara kerja water level

Setelah kita menekan tombol on/off pada modul mesin cuci maka arus akan mengalir ke water Inlet atau selenoid dan di saat itu juga rangkaian di IC program akan aktif dan terhubung ke pin water level masuk ke lilitan tembaga yang ada di dalam water level yang berfungsi menyesuaikan frequensi untuk IC program di modul mesin cuci tersebut melalui pin out water level.

Water level ini terdapat sebuah lubang kecil yang di hubungkan dengan selang yang menuju ke bagian bawah tabung mesin cuci dan akan tertekan keatas setelah air masuk semakin tinggi di dalam tabung mesin cuci.

Nah tekanan air ini lah yang akan merubah pergerakan dalam water level sehingga bisa menghasilkan frequensi yang berbeda dalam rangkaian oscilator di modul mesin cuci tersebut.

Setelah air penuh maka modul akan memerintahkan selenoid berhenti dan  meneruskan ke proses pencucian.

Untuk lebih jelasnya silahkan simak video YouTube juraganacee berikut ini :

Video YouTube juraganacee chanel


Ok guys!

Semoga tutorial ini bermanfaat dan berguna terutama bagi sobat pemula yang masih belum faham tentang cara kerja water Inlet mesin cuci.

Selamat beraktifitas kembali dan salam sejahtera selalu ya guys!

1 komentar untuk "Cara kerja water level mesin cuci"

  1. Kalo water level Samsung sama Sharp beda gak om?

    BalasHapus