Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-jenis motor indoor AC split

Juraganacee.com - Jenis-jenis motor indoor pada AC ruang berbeda-beda menurut pabrik pembuatnya, terutama pada motor blower pada indoor unit. Ada yang menggunakan motor bertegangan AC dan DC, seperti pada AC merk LG dan samsung.

Merk AC LG dan Samsung ini menggunakan motor indoor yang tidak selalu sama pada tipe-tipe tertentu, ada yang menggunakan jenis motor yang bertegangan DC dan ada juga yang bertegangan AC.


Jenis motor Indoor AC split

  • Motor indoor tegangan AC.
  • Motor indoor tegangan DC.
Seperti gambar yang bisa anda lihat di atas, itu adalah jenis motor indoor bertegangan AC atau bolak balik dengan daya 10watt yang biasa ada pada AC merk panasonic.

Jenis ini bertegangan 220 volt dengan 50/60Hz biasa digunakan untuk tipe AC split, jenis ini yang paling banyak digunakan, sedangkan tipe tegangan DC jarang digunakan. Hanya tipe-tipe tertentu saja yang menggunakan jenis ini.

Hal penting yang harus anda perhatikan adalah jika melakukan penggantian modul AC universal perhatikan jenis motor yang di gunakan, jangan sampai salah beli karena jika menggunakan motor DC maka tidak bisa di lakukan penggantian modul universal yang bertegangan AC.

Cara perbaikan motor fan indoor dan outdoor

Jika terjadi kerusakan pada fan motor ini, langkah yang harus anda lakukan adalah: 
  • Sebelum memvonis bahwa motor rusak coba anda hidupkan AC terlebih dahulu. 
  • Perhatikan suara pada blower jika terdengar suara berdengung itu artinya kapasitor lemah
  • Jika tahapan di atas sudah anda lakukan dan ternyata motor berdengung berarti anda harus mengganti kapasitor biasanya ukuran 0,9 mikro sampai 1,5 mikro. 
  • Pada fan outdoor juga sama dalam penanganan nya. 
  • Segera ganti komponen tersebut dengan yang baru. 

Motor ini sangat jarang mengalami kerusakan, yang paling banyak terjadi masalah adalah pada komponen kapasitornya yang sudah mengalami penurunan kapasitas penyimpanannya atau sudah lemah, dan biasanya setelah di ganti dengan yang baru AC akan berjalan normal kembali. 

Harga motor ini tergantung merk dan bahan yang digunakan, karena sekarang sudah banyak beredar di pasaran,  motor menggunakan kawat dari alumunium sehingga mudah terbakar dan tidak awet. 

Harga di pasaran motor ini berkisar 150 ribuan sampai 200 ribuan dan perlu anda ketahui jika motor mengalami kerusakan sebaiknya gantilah dengan yang baru agar tidak kerja 2 kali.

Demikianlah pembahasan kita kali ini semoga artikel ini bermanfaat dan berguna bagi anda semua, selamat berjumpa kembali di artikel-artikel saya selanjutnya.

Salam dingin. 

Posting Komentar untuk "Jenis-jenis motor indoor AC split"