Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membongkar pompa drain mesin cuci front loading

Juraganacee.com - Cara membongkar atau melepas pompa pembuangan air yang berada di mesin cuci jenis front loading itu gampang-gampang susah, bagi anda yang sudah terbiasa melakukan pekerjaan ini tentu itu bukanlah merupakan pekerjaan yang sulit.

Tapi bagi sebagian orang yang belum pernah melakukan hal ini tentu akan merasa bingung dan tidak tahu ada di bagian mana pompa pembuangan air ini.

Tapi tenang saja, di kesempatan ini saya akan sedikit  berbagi kepada teman-teman semua tentang bagaimana cara melepas atau membongkar pompa pembuangan air yang ada di dalam mesin cuci jenis front loading ini.

Cara bongkar motor drain front loading


Sebelum anda membongkarnya tentu saja anda harus tahu letak dan bagaimana cara membongkarnya, pompa pembuangan air ini biasanya berada pada bagian bawah tabung, dan di sambungkan dengan sebuah karet yang menghubungkan antara tabung mesin cuci dengan motor pompa pembuangan air ini.

Dengan anda melepas beberapa baut yang ada di sekitar motor ini anda sudah bisa melepaskannya.


Cara membongkar pompa pembuangan air mesin cuci front loading

Pertama-tama sebelum anda bisa melihat letak motor ini lepaskan dahulu penutup mesin cuci bagian belakang, kemudian perhatikanlah bagian bawah dari tabung mesin cuci, di bagian ini anda akan melihat sebuah motor kecil yang terhubung dengan tabung mesin cuci, nah motor inilah yang namanya motor pembuang air pada mesin cuci jenis front loading.

Untuk melepasnya buka dulu baut yang berada di karet penghubung antara tabung mesin cuci dengan motor, kemudian lepaskan karet tersebut.

Setelah karet terbuka buka baut yang berada di samping-samping motor, kemudian lepaskan motor dari dudukannya.

Sebelum melepas motor lepaskan dahulu socket-socket kabel yang ada di motor tersebut.

Jika anda sudah melepas motor tersebut sebaiknya bersihkan kotoran-kotoran yang ada di bagian dalam yang sulit di jangkau agar bersih dan tidak ada penyumbatan air, karena jika itu terjadi maka mesin cuci akan eror dan berjalan tidak normal.


Untuk mengetahui baik dan tidaknya motor ini anda bisa mencobanya langsung dengan memberi tegangan langsung 220 volt dari PLN.

Motor pompa pembuangan air ini jarang sekali mengalami kerusakan, biasanya jika terjadi kerusakan itu bukan motornya tetapi lebih di sebabkan oleh kotoran yang tersangkut pada kincir yang berada pada motor.  Karena ada penyumbatan kotoran sehingga motor tidak bisa berfungsi dengan baik. Dan Jika hal ini terjadi anda tinggal membersihkan kotoran tersebut dan pasang kembali seperti semula.

Ok sobat! Demikianlah penjelasan singkat tentang cara membongkar motor pembuangan air mesin cuci jenis front loading, semoga bisa bermanfaat dan selamat beraktifitas kembali.

Salam dingin. 

4 komentar untuk "Cara membongkar pompa drain mesin cuci front loading"

  1. cara mencabut as.nya gimana nih?. pompa drain samsung WF8590 NHW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika hanya untuk membersihkannya tidak perlu di lepas As nya mas..

      Hapus
  2. Mesin cuci samsung front loading sy muncul kode 4E pd hal sdh ganti water inlet, motor drain, filter belakang dan bawah jg sdh dibersihkan. Tp air sisa cucian tdk bs buang juga. Apa yg kudu di cek mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Periksa jalur modul mas pastikan semua normal biasanya ada yg putus jalurnnya

      Hapus