Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara perbaikan evaporator kulkas bocor

JuraganAcee - kulkas 1pintu menggunakan evaporator jenis lempengan yang mudah sekali mengalami kebocoran pada jalur sirkulasi freonnya, ini disebabkan letak evaporator yang bersinggungan langsung dengan bahan makanan yang di letakan pada box frezernya dalam kulkas.


Apa jadinya jika evaporator bocor karena tertusuk benda tajam yang biasa digunakan oleh pemilik kulkas untuk mengambil bahan makanan di dalam frezer kulkas 1 pintu. Biasanya karena di cungkil atau pada saat membersihkan es yang melekat pada evaporator. Seketika itu juga akan terdengar suara desis pada evaporator ya karena mengalami kebocoran freon.

Jika ini terjadi segera lepaskan kabel listrik anda dari stop kontak, hal ini untuk mencegah kerusakan yang lebih parah, dan segeralah anda pergi dari depan kulkas anda untuk mencari udara yang lebih segar karena disekitar kulkas akan menjadi bau karena freon yang keluar dari evaporator.

Cara mengatasi evaporator bocor

Tidak semudah yang anda bayangkan dalam penanganan kebocoran ini, karena evaporator ini menggunakan bahan dari alumunium sehingga akan sulit dalam penambalan kebocoran ini, disini saya akan menerangkan cara mengatasinya.
  • Siapkan lem khusus untuk menambal evaporator ini, anda bisa menggunakan araldite atau loctite , area yang bocor bersihkan dahulu menggunakan sikat besi agar bersih dari kotoran dan Olie , karena jika tidak bersih maka lem tidak akan bisa menempel dengan bagus.
  • Agar area bocor tadi bisa anda gunakan freon R11 untuk menguras pada sistem kulkas, dan sekalian membersihkan air yang masuk melalui kebocoran tadi.
  • Pada evaporator jalur tidak hanya satu tetapi ada jalur yang lain sehingga anda bisa menutup kebocoran tadi dengan merapatkan lubang dengan palu atau dipukul agar rapat pada lubangnya.
  • Hamplas lah sekali lagi agar halus permukaanya.
  • Jika lubang hanya satu pada jalurnya jangan menerapkan cara diatas. Anda bisa menempelkan plat kecil pada saluran secukupnya agar lem tidak masuk sehingga bisa mengganggu laju dari aliran freonnya.
  • Sebelum menggunakan lem panaskan dahulu area kebocorannya dengan las hi-kook agar lem bisa menempel sempurna.
  • Atau cara yang kedua dengan mengelas jalur yang bocor tadi menggunakan kawat las aluputanium dan menggunakan las hi-kook, caranya seperti langkah diatas.
  • Setelah selesai menambal diamkan hingga beberapa saat agar lem atau las an kita merekat sempurna.
  • Pekerjaan selesai.

Semoga uraian diatas bermanfaat dan teman-teman semua mengetahui cara praktis menambal kebocoran pada evaporator kulkas 1 pintu.

1 komentar untuk "Cara perbaikan evaporator kulkas bocor"