Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kode eror mesin cuci Samsung dan solusinya

Juraganacee.com - pada dasarnya untuk dapat menggunakan atau mengoperasikan mesin cuci itu mudah, akan tetapi bagi sebagian orang, hal itu sulit di lakukan karena mereka belum pernah menggunakannya. Apalagi jika mesin cuci tersebut mengalami kerusakan.

Nah di artikel saya kali ini kita akan membahas tentang cara membaca atau menganalisa kerusakan-kerusakan apa saja yang biasa terjadi pada mesin cuci merk Samsung.

Mesin cuci keluaran terbaru sekarang sudah di lengkapi dengan layar display pada modul pengoperasiannya, Dan ini semakin memudahkan kita untuk dapat menganalisa kerusakan yang sedang terjadi, jika memang terjadi kerusakan maka display tersebut akan menunjukan kode tertentu agar bisa di perbaiki dengan cepat.



Dengan mengetahui kode-kode eror pada mesin cuci kita bisa segera mengatasi kerusakan yang terjadi, dan tentunya kita membutuhkan kode-kode tersebut, dibawah ini adalah daftar kode eror merk Samsung yang bisa anda gunakan untuk perbaikan jika mesin cuci mengalami kerusakan.

Ok sobat! Kita langsung ke pokok pembahasan kita kali ini, di bawah ini adalah kode-kode eror mesin cuci Samsung dan solusi untuk perbaikannya.

Kode eror mesin cuci merk SAMSUNG
  • DE (door eror)
Pintu mesin cuci belum tertutup atau belum rapat pastikan pintu mesin cuci anda sudah tertutup dengan rapat.
  • 4E (water suplai eror)
Solusinya pastikan air yang masuk ke tabung mesin cuci bertekanan cukup berkisar antara 40-800kpa.
  • 5E ( pembuangan air eror )
Solusinya bersihkan saringan pembuangan dan pastikan selangnya terpasang dengan benar, dan tidak ada penyumbatan pada selang-selangnya.
  • UE ( keseimbangan mesin cuci eror )
Mesin cuci bekerja dengan posisi tidak seimbang, kemungkinan mesin berdiri tidak rata atau pakaian terkumpul jadi satu, solusinya lepaskan pakaian dan masukan kembali satu per satu pakaian yang ada dalam tabung. 

  • SUD ( detergent detected)
Saat mencuci sabun terlalu banyak sehingga kelebihan busa sabun, solusinya kurangi detergent dalam tabung mesin cuci.
  • UC ( power eror)
Tegangan listrik tidak stabil sehingga mesin akan berhenti sendiri dan akan berjalan kembali jika sudah stabil.
  • LE / LE1 (water leakage eror)
Ini terjadi karena terlalu banyak detergen dan penutup filter pada pompa pembuangan atau pengeringan terlepas atau ada kebocoran air terjadi di selang pembuangan.
  • OE/OF ( over flow eror )
Pasokan air bekerja terus menerus karena pendeteksi level air tidak bekerja bisa juga karena selang pembuangan terlipat sehingga air tidak keluar dengan lancar.
  • 4C ( disebabkan suplai air tidak tersedia )
Pastikan air kran terbuka, pastikan selang air tidak tersumbat, pastikan kran air lancar dan pastikan tekanan air cukup. Dengan demikian ketika mesin cuci menampilkan eror 4C masalah biasanya terjadi pada suplai airnya. 
  • 4C2 
Pastikan selang pasokan air dingin tersambung dengan kuat ke kran air dingin jika terhubung ke kran air panas cucian bisa berubah bentuk dengan beberapa siklus.
  • 5C ( disebabkan air tidak mengering)
Pastikan selang pembuangan tidak tersumbat,pastikan selang pembuangan dalam posisi dengan benar, bersihkan filter karena dapat menyumbat selang pembuangan, pastikan selang pembuangan diluruskan sampai ke sistem pembuangan.
  • DC ( di sebabkan oleh pintu mesin cuci terbuka )
Pastikan pintu tertutup dengan benar, pastikan cucian tidak terjepit pintu.
  • HC ( disebabkan oleh heater control bermasalah )
Hal ini biasanya di sebabkan karena heater yang bermasalah.
  • LC/LC1 ( disebabkan selang pembuangan )
Pastikan ujung selang pembuangan di tempatkan di lantai, pastikan selang tidak tersumbat.
  • UB ( spaning tidak berfungsi )
Pastikan cucian tersebar merata, dan pastikan juga letak mesin rata.
  • 1E ( disebabkan suplai air bermasalah )
Pastikan selang penyuplai air tidak tersumbat, dan terjepit, pastikan selang penyuplai air tidak terlepas dari sumber air atau kran air.

Demikianlah arti dari kode eror yang biasa terjadi pada mesin cuci merk Samsung. Semoga penjelasan dan daftar ini berguna bagi anda semua, dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Kode eror mesin cuci Samsung dan solusinya"