Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menyimpan makanan dalam kulkas

JuraganAcee - cara yang baik dan benar dalam menyimpan makanan dalam kulkas harus anda pahami untuk dapat mempertahankan makanan anda awet dan tidak cepat basi, karena pada kenyataan nya banyak ibu-ibu rumah tangga yang mengeluhkan bahwa makanan yang mereka simpan dalam kulkas cepat basi dan tidak bertahan lama.

Misalkan saja makanan yang cepat basi ataupun busuk, hal ini menyebabkan kulkas cepat kotor sehingga akan mengganggu kinerja dan bisa menjadi salah satu penyebab kulkas tidak dingin atau kulkas cepat rusak.

Bagi anda yang memiliki kulkas tidak ada salahnya untuk mencoba mencari tahu cara menyimpan makanan dalam kulkas yang baik dan benar agar awet dan tahan lama.



Cara menyimpan makanan dalam kulkas
  • Cara menyimpan daging segar

Sebaiknya anda menyimpan daging segar seperti daging,ikan dan unggas dalam pembungkusnya agar air tidak menetes ke makanan lain agar bau tidak bercampur agar makanan lain terhindar dari aroma daging ini.

Daging akan mengeluarkan bau yang menyengat dalam kurun waktu tertentu untuk itu anda harus mencermati hal ini agar makanan lain tidak terganggu oleh aroma yang kurang sedap dari makanan ini.

Daging yang tetap di simpan dengan plastik pembungkusnya dapat menghindari makanan lain tidak terkontaminasi oleh bakteri dari daging segar ini.
  • Cara menyimpan susu dalam kulkas
Gunakan dalam botol plastik sebagai pembungkus dari pada menggunakan kardus karton. Bakteri akan mudah tumbuh jika anda menggunakan kardus kemasan susu tersebut.

Jika kardus sudah dibuka maka susu harus di konsumsi lebih kurang 7hari. Dan biarkan makanan seperti krim,susu,yogurt dalam kemasannya.
  • Cara menyimpan telur
Sebaiknya cuci dulu sebelum anda memasukan ke dalam kulkas, pastikan bersih dan kering agar lebih awet.usahakan telur aman dan tidak tertekan oleh makanan lain. Telur biasanya bisa tahan 3-5minggu dalam kulkas.
  • Cara menyimpan sayur mayur
Cuci dan bersihkan sayur sebelum masuk ke kulkas, usahakan kering dan masukan dalam plastik pembungkus agar lebih tahan lama.

Jauhkan sayuran dari buah dan makanan seperti bawang merah bawang putih, karena bisa menyebabkan gas dari bumbu-bumbu ini sehingga membuat sayuran kekuningan. Sayur bisa tahan hingga 2-3hari dalam kulkas.
  • Cara menyimpan buah
Kalau makanan seperti buah anda tidak perlu mencucinya terlebih dahulu biarkan saja seperti itu untuk menghindari kelembapan dari buah tersebut menjadi rusak karena kita mencucinya.

Jika kita mencucinya maka malah akan membuat buah cepat rusak dan busuk, untuk menghindari hal tersebut langsung saja masukan buah ke kulkas tanpa mencucinya terlebih dahulu.

Yang perlu anda ketahui ada beberapa buah yang tidak perlu disimpan dalam kulkas seperti melon alpokat,dan jeruk.buah ini cukup kita simpan di luar kulkas karena jika kita masukan justru malah cepat membusuk.
  • Pisahkan tomat dan mentimun
Sebaiknya pisahkan keduanya karena kandungan gas dalam tomat bisa membuat mentimun mudah busuk. Anda bisa membungkusnya dengan kertas agar lebih awet dan tahan lama.
  • Kacang -- kacangan 
Karena kacang mudah sekali membusuk karena itu anda harus membungkus dengan plastik secara rapat agar bisa bertahan agak lama , rata-rata kacang bisa bertahan hingga 3-5 hari saja dalam kulkas.
  • Sisa makanan 

Sebaiknya sisa makanan di bungkus dan tahan terhadap kebocoran, dan jika makanan tersebut habis dimasak maka diamkan dulu selama beberapa jam agar tidak memaparkan bakteri ke makanan lain dalam kulkas.


Demikianlah cara-cara yang bisa anda lakukan untuk menyimpan bahan makanan dalam kulkas yang baik dan benar, semoga artikel ini bermanfaat dan menjadikan anda lebih berhati-hati dalam menyimpan bahan makanan dalam kulkas agar lebih awet dan tahan lama.

Ok guys! Sampai di sini dulu ya artikel saya kali ini, dan selamat melanjutkan aktifitas kalian.
Salam persahabatan.

Posting Komentar untuk "Cara menyimpan makanan dalam kulkas"