Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbandingan freon R22,R32,R410A,R290

JuraganAcee - sebelum saya akan menjelaskan tentang perbandingan nya, ada beberapa hal yang harus anda ketahui, setiap freon tidak sama antara satu dengan yang lainya, jadi anda jangan coba-coba mencapur atau berusaha mengganti dengan freon yang tidak sama dengan freon asli bawaan ac-nya.

Freon AC ( refrigerant)

Jika freon pada AC anda bocor atau habis freonnya, anda harus mengisi dengan freon yang sama sesuai dengan yang aslinya. Jika ingin menggantinya anda harus membeli dengan AC yang baru. Karena cuma ini jalan satu-satunya untuk mengganti dengan freon yang berbeda.

Tentunya ini merupakan peraturan pemerintah melalui departemen perindustrian dengan nomer 41/M-IND/per/5/2014) dan 40/M-Dag /per/7/2014)dan 55//M-Dag/per/9/2014 dan pada tahun 2015 akan ada implementasi baru mengenai peraturan HPMP atau hidroclorofluorokarbon phase out management plan.
Peraturan itu tentang pelarangan dan penghapusan HCFC -22 yaitu freon R22 akan di hapus.

Ini berpengaruh pada ketentuan import bahan freon ,terutama Freon R22.bahwa pada intinya di Indonesia tidak boleh lagi mengimport bahan tersebut masuk ke indonesia.

Sebelum tahun 2030 Indonesia masih memperbolehkan penggunaan freon R22 sampai stok habis.

Dan pada tahun 2014 lalu kita masih menggunakan R22 dan R410A.

R410A digunakan untuk AC inverter dan R22 untuk AC konvensional atau non inverter, kecuali Daikin yang menggunakan AC dengan jenis freon berbeda pada AC yang di produksinya.

Pada tahun 2015 lalu pabrikan AC Indonesia menggunakan R290,R32,R410a.
Untuk freon R32 sendiri ditemukan oleh perusahaan dari Jepang yaitu merk Daikin sejak tahun 2012 dan mulai di gunakan pada tahun 2013 ,jadi semua pabrikan harus membayar ke Daikin jika menggunakan freon R32 ini.

Perusahaan seperti panasonic dan Daikin sejak tahun 2015 lalu sudah mulai menggunakan freon R32 dan R410a untuk semua produk yang mereka keluarkan dan Korea juga menggunakan R410a sedangkan China masih dalam tahap pengkajian antara penggunaan R290 dan R410a.

Perbandingan tipe freon di Indonesia
  • R22  ODP 0,05  GWP1810  COOLING INDEX100  FLAMABILITY tidak
  • R410A  ODP 0  GWP 2090  COOLING INDEX 92   FLAMABILITY  tidak
  • R32  ODP.0  GWP  675  COLING INDEX 160  FLMIBILITY rendah
  • R290  ODP 0  COOLING INDEX. Kurang  dari 3. FLAMABILITY  Tinggi
ODP : ozone depletion potensial atau potensi ozon yang ditimbulkan 

GWP : Global warming potensial atau pemanasan global yang ditimbulkan.

COOLING INDEX : atau satuan index yang digunakan oleh AC.

FLAMABILITY : atau angka yang menunjukan kemungkinan besar freon terbakar.

Dari pengukuran diatas menerangkan bahwa:
  • Freon R32 memiliki GWP yang lebih rendah dibanding R410a dan R22,freon ini lebih ramah lingkungan.
  • Index freonR32 jauh lebih tinggi dibanding dengan freon yang lain.
  • Walaupun memiliki potensi mudah terbakar yang lebih tinggi dibanding R410a dan R22 tapi anda tidak usah kwartir akan terjadi peledakan pada freon R32 ini.
  • Dibanding freon lainya R290 ini lebih ramah lingkungan tetapi karena kurang dingin dan mudah terbakar produsen panasonic dan Daikin tidak lagi menggunakan freon ini.
Dengan adanya perbandingan diatas anda tentu sudah yakin bahwa freon R410 dan R32 layak anda gunakan sesuai peraturan pemerintah sekarang.

Menurut hemat saya anda bisa menggunakan freon R32 untuk AC anda di rumah selain bagus dan dingin freon R32 ini juga ramah lingkungan.

Jenis tabung freon di Indonesia yang sekarang kita gunakan mempunyai 3warna yang berbeda yaitu:
  • Tabung freon R22 berwarna hijau.
  • Tabung freon R410a berwarna merah muda.
  • Tabung freon R32 berwarna biru.
Untuk itu jangan sampai anda salah dalam penggunaan freon diatas karena akan merusak AC anda. 

Freon R32 lebih mahal 

Mengapa freon ini lebih mahal???

Ada beberapa hal yang membuat freon ini lebih mahal, memang freon ini bisa terbakar namun tidak akan membuat AC anda meledak atau terbakar. Tekanan freon ini lebih tinggi dibanding freon R410a atau R22 inilah yang menyebabkan pipa AC harus lebih tebal dari freon yang lainya, minimal harus pada ketebalan 0,6mm. 

Pipa untuk AC yang beredar di Indonesia memiliki berbagai jenis dan merk ,merk standar yang biasa digunakan untuk service AC adalah merk artic yang mempunyai ketebalan 0,5 yang artinya pipa ini tidak bisa digunakan untuk R32, karena kurang tebal maka merk ini saya sarankan kan untuk tidak di gunakan dalam instalasi pada AC yang menggunakan R32.

Jika tetap dipaksakan untuk instalasi di AC yang menggunakan R32 maka pihak pabrikan tidak akan mau menggaransi atas instalasi tersebut. Walaupun sudah ada peringatan untuk tidak menggunakanya tetap saja ada tukang AC yang tetap ngeyel menggunakan pipa tersebut dan akibatnya pemilik AC lah yang di rugikan dalam hal ini.

Dan dalam pemasangan pipa ini wajib hukumnya untuk di vakum terlebih dahulu ,karena tanpa divakum maka instalasi kurang baik dan menyebabkan akan adaa masalah di kemudian hari, kotoran yang berada pada instalasi akan membuat tersumbatnya aliran freon ke seluruh instalasi pemipaanya. 


Nah dari alasan inilah mengapa pemasangan instalasi freon R32  lebih mahal jika dibandingkan dengan yang lain. 
Apabila anda ingin membeli AC panasonic atau Daikin silahkan hubungi kami melalui contacts di blog ini.
Semoga bermanfaat dan salam untuk semuanya...!








Posting Komentar untuk "Perbandingan freon R22,R32,R410A,R290"