Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peralatan yang harus di punyai oleh teknisi AC profesional

JuraganAcee - seorang teknisi AC haruslah mempunyai peralatan yang komplit dan memadai untuk menunjang pekerjaan yang mereka hadapi, alat-alat tersebut adalah senjata yang wajib untuk menghasilkan pekerjaan yang baik dan memuaskan. Pada artikel kali ini saya akan menguraikan tentang peralatan yang wajib di punyai oleh seorang teknisi AC profesional.



Peralatan yang harus dipunyai oleh seorang teknisi AC profesional
  • Drei ( obeng )

Alat ini wajib dan harus dipunyai oleh seorang teknisi AC , tidak hanya teknisi AC setiap orang rata-rata mempunyai alat ini karena sangat berguna untuk keperluan lain di dalam peralatan rumah tangga pada umumnya.
  • Kunci Inggris

Fungsi alat ini untuk pemasangan dan perbaikan naple pada AC, bisa juga untuk pemasangan pada instalasi AC baru dan untuk bongkar pasang AC.
  • Thermostat

Fungsi thermometer adalah sebagai pengukur suhu. Sistem dari alat ini menggunakan sensor pancaran infrared yang dalam penggunaanya bisa langsung di tembak dari jarak jauh, untuk fungsi cara penggunaanya bisa anda baca pada artikel Cara penggunaan thermometer infrared.
  • Tang ampere

Tang ampere ini berfungsi sebagai pengukur besarnya arus (A) dan tegangan (V) pada sebuah kompresor AC, dan juga  untuk kompresor kulkas maupun frezer. Untuk lebih jelasnya anda bisa mengunjungi di link berikut Cara menggunakan tang ampere.
  • Pompa vacump

Fungsi dari pompa vacump ini adalah untuk mengosongkan udara pada sistem pendingin sehingga bisa menghilangkan gas yang tidak terkondensasi seperti uap air dan kotoran didalam sistem pendingin.

Hal ini supaya mesin refrigerasi saat bekerja tidak terganggu. Karena jika dalam mesin refrigerator dan AC terlalu banyak uap air bisa memperpendek usia filter drier dan juga bisa terjadi penyumbatan karena kotoran akan tertinggal di pipa kapiler maupun ekspansi pada sistem pendingin.

Dengan adanya gas dan uap air di dalam sistem bisa menghalangi perpindahan panas pada bagian evaporator dan kondensor efek lainya bisa menaikan tekanan pada keluaran pipa discharge.

Uap air dan kotoran juga menyebabkan penimbunan kerak bisa menyebabkan korosi dan membuat oli pada kompresor cepat berubah menjadi asam . Dalam proses vacump sebaiknya sampai pada -30psig . Dengan menggunakan manipol gauge anda bisa mengatur dan mengontrol dalam proses pembacaan ini.
  • Manipol gauge ( analiser)

Fungsinya untuk mengukur tekanan gas freon pada sistem pendingin. Baik untuk AC,kulkas maupun frezer , pada alat ini bisa di lihat dari tekanan evaporator atau tekanan hisap dan juga tekanan kondensor pada tekanan keluaran /discharge kompresor. 

Manipol gauge ini terdapat 2 tipe yaitu manipol gauge 2 haluan dan 4 haluan. Pada dasarnya gauge manipol ini terdiri  dari 2 sisi yaitu sisi tekanan rendah dan sisi tekanan tinggi masing-masing sisi ini di hubungkan dengan sisi hisap dan sisi tekanan pada kompresor melalui selang penghubung /house.

Selain itu dipasang alat ukur yang berwarna merah untuk tekanan tinggi dan biru untuk tekanan rendah.

Pada manipol 2 haluan mempunyai 2 katub yang berfungsi untuk mengatur aliran ke sistem pendingin. Pada saat melakukan pengosongan udara dari sistem kedua katub terbuka sehingga udara dari bagian sisi hisap bisa mengalir melewati selang warna biru dan udara di bagian keluaran kompresor akan melewati selang warna merah memasuki gauge manipol dan keluar menuju pompa vacump melalui selang penghubung berwarna kuning atau bisa juga untuk menuju ke tabung freon pada saat pengisian.

Atau dalam melakukan pengosongan udara dari sebuah sistem bisa dilakukan dengan membuka katub pada satu sisi saja yaitu melalui sisi tekanan rendah yaitu yang berwarna biru, dengan cara membuka pada kran sisi tekanan rendah.
  • Steam cleaner

Pada peralatan ini terdapat beberapa alat pendukung lainya yaitu untuk proses pencucian AC , diantaranya adalah:

1. Steam cleaner 

Berfungsi sebagai alat pencucian bertekanan tinggi untuk mencuci evaporator dan kondensor pada unit AC.

2. Plastik sebagai penadah air bekas cucian. 

Plastik ini gunanya melindungi agar air tidak membanjiri disekitar tempat AC itu berada.

3. Ember atau bak air

Berfungsi sebagai wadah air untuk proses pencucian AC.

Dari ketiga peralatan ini seorang tukang AC harus menyediakan nya untuk mendapat kan hasil yang memuaskan bagi semua konsumen nya.
  • Las brender

Las atau Brander ini berfungsi  sebagai penambal atau untuk melepas dan menyambung pipa pada sistem refrigerator dan pendingin AC, dan sebagai penyambungannya menggunakan las dari perak atau timah.

Contoh foto diatas adalah las mini dengan menggunakan gas kecil dari hi-kook, anda bisa juga menggunakan dari LPG dan oxigen yang menggunakan brender yang lebih besar, kekurangan dari brender yang kecil tidak bisa untuk perbaikan kompresor karena suhu kurang panas, sebenarnya bisa sih...tapi akan membutuh kan waktu yang lama dalam proses perbaikanya.

Untuk pekerjaan yang lebih cepat dan hasil yang maksimal anda menggunakan brender dari LPG dan oxigen.

  • Cutter pipa ( tuning cutter)

Alat ini berfungsi sebagai pemotong pipa, dimana ada 2 macam jenis yang diantaranya adalah tuning cutter dan hacksaw atau gergaji. Yang paling penting adalah saat pemotongan jangan sampai serpihan bekas pemotongan masuk kedalam pipa karena akan mengganggu sirkulasi freon pada proses pendinginan AC.

Untuk pemotongannya hendaknya menggunakan tubing cutter , masukan dahulu pipanya diantara roller dan cutting wheel, selain itu juga tightening knop berfungsi sebagai penyesuaian dengan diameter pipa yang di potong.

Tuning cutter juga bisa beralih fungsi sebagai apabila cutting wheel di ganti dengan roda penekan yang tumpul. Fungsinya untuk menekan pipa hingga beberapa bagian dari pipa diameternya mengecil sampai bisa disambung dengan pipa yang berdiameter lebih besar setelah itu di las untuk penyambungannya.
  • Pembesar pipa (swaging tool) dan pengembang pipa ( flaring tool)

Pembesar pipa ini atau swaging tool berfungsi untuk membesarkan ujung pipa supaya dua pipa yang memiliki diameter sama bisa disambungkan dengan las tembaga dan las perak.

Sedangkan pengembang pipa atau flaring tool berfungsi sebagai pengembang ujung pipa supaya bisa disambungkan dengan sambungan berukir atau flare fitting. Pengembang pipa ini ada 2 blok yang disatukan dengan baut serta mur kupu-kupu atau wing nut.


Demikian uraian tentang peralatan yang harus di miliki oleh seorang teknisi pendingin, semoga bermanfaat ...




Posting Komentar untuk "Peralatan yang harus di punyai oleh teknisi AC profesional"