Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Thermometer Infrared

Juraganacee.com - Thermometer infrared merupakan salah satu alat pengukur suhu yang banyak di gunakan oleh para tenaga medis di bidang kesehatan dan bidang-bidang lain yang memerlukan alat pengukur suhu untuk dapat mengetahui berapa besaran suhu suatu benda maupun dapat gunakan untuk pengukuran pada tubuh manusia.

Thermometer infrared ini bekerja dengan menggunakan sensor infrared untuk dapat membaca besaran suhu yang akan di ukur. Dan alat ini sangat berguna sekali bagi kita sebagai seorang teknisi pendingin untuk di dapat mengetahui dan menganalisa gangguan pada mesin pendingin yang akan kita perbaiki.

Salah satu jenis thermometer yang banyak di gunakan oleh masyarakat kita ada 3 jenis yaitu :

  1. Thermometer air raksa.
  2. Thermometer digital.
  3. Thermometer infrared.
Dalam artikel kali ini akan saya bahas tentang sebuah thermometer yang sangat berguna dan patut kita miliki, terutama bagi temen- temen yang mempunyai anak kecil di rumah. Thermometer tersebut adalah thermometer infrared.

Ok gues kita langsung ke pokok pembahasan ya..!


Thermometer infrared digital



Thermometer ini bekerja berdasarkan sensor infrared yang di pancarkan dari pemancar infrared yang berasal dari dalam komponen elektronik di dalam alat ini.

Di lengkapi dengan display LCD yang menunjukan suhu dari benda yang kita ukur. Batas minimal thermometer ini dari -50°c - 380°c dan -58°f - 716°f.

Cara penggunaan thermometer digital infrared

Thermometer ini mempunyai beberapa tombol yang berada pada bagian samping atas dan mempunyai simbol-simbol yang akan saya jelaskan di bawah ini :

Simbol tersebut adalah sebagai berikut :
  • ☡     :  untuk mode infared di nyalakan / tidak dinyalakan.
  • ⚵     :  untuk menyalakan led display.
  • C/f °  :  untuk mode celcius/ farenheit.
  • On/off  :  untuk menyalakan thermometer.
Note : tombol start berada pada sisi depan yaitu pada bagian body bagian depan yang bisa kita tekan dan lepas untuk start.

Untuk penggunaanya adalah dengan cara mengarahkan thermometer pada benda yang akan kita ukur suhunya kemudian pilih mode celcius atau farenheit dan tekan tombol led display untuk menyalakan lampu led kemudian tombol on/off dan pancaran infrared akan menyala dan display akan menunjukan suhu yang ditangkap oleh sinar infrared dari thermometer.

Mengukur suhu ac ruang 

Untuk saya sendiri alat thermometer ini biasa saya gunakan untuk mengukur suhu keluaran dari indoor unit ac ruang, dengan alat ini pekerjaan saya terasa lebih mudah dan cepat karena hanya tinggal pencet dan pengukuran suhu ac sudah bisa terbaca di display thermometer.

Ok sobatku semua demikian artikel singkat ini semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian yang sedang mencari informasi tentang thermometer digital infrared ini. Sampai bertemu kembali di artikel saya selanjutnya salam persahabatan selalu.

Posting Komentar untuk "Thermometer Infrared"