Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menggunakan manifold gaunge

 


Juraganacee.com - cara menggunakan manifold gauge. Manifold gauge atau istilah lainya analyzer gauge adalah alat pengukur tekanan refrigerant untuk mengetahui besaran tekanan pada sebuah sistem pendingin.

Jenis dan model nya bermacam-macam dengan merk yang berbed a pula, di kalangan teknisi pendingin ada beberapa jenis yang sering di gunakan yaitu jenis double manifold dan single manifold.

Merk yang sudah banyak beredar di pasaran saat ini seperti merk value,imperial,crisbow dan lain sebagainya.

Dari semua merk yang ada ini, fungsi dan kegunaanya sama tetapi cara menggunakannya mungkin yang berbeda, terutama untuk jenis double manifold dan single manifold.

Single manifold

Single manifold hanya mempunyai satu alat ukur, yaitu sisi tekan rendah atau sisi tekanan tinggi saja. Misalnya jika manifold ini berwarna biru biasanya alat ini hanya untuk mengukur di sisi tekanan rendah saja, dan jika berwarna merah berarti alat ini di gunakan untuk mengukur sisi tekanan tinggi.

Mengapa manifold gauge yang berwarna biru hanya untuk mengukur tekanan rendah saja? 

Sebenarnya tergantung dari alat ukur tersebut jika alat tersebut jarum penujuknya sampai diatas 250 psig atau 500 psig berarti alat ini bisa untuk mengukur di sisi tekanan tinggi, tetapi jika tidak sampai di tekanan itu jangan sekali-kali menggunakanya ya..! Karena akan merusak manifold tersebut.

Double manifold

Disebut double manifold karena mempunyai 2 buah alat ukur yaitu sisi tekanan tinggi dan sisi tekanan rendah yang di jadi kan satu sehingga mudah dalam penggunaanya dan lebih simple.

Tetapi harga nya lebih mahal jika di bandingkan dengan single manifold, jika menggunakan manifold ini kita bisa langsung mengukur sisi tekanan tinggi dan rendah secara bersamaan dan memudahkan kita dalam menganalisa kerusakan pada sistem pendingin, karena kita langsung bisa mengetahui jika ada kejanggalan tekanan pada sistem pendingin yang sedang kita perbaiki.

Untuk lebih jelasnya silahkan tonton video YouTube juraganacee berikut ini!

Video YouTube juraganacee Chanel



Ok sobatku semua demikianlah penjelasan singkat ini tentang cara menggunakan manifold gauge semoga bermanfaat dan jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya!

Salam persahabatan.

Posting Komentar untuk "Cara menggunakan manifold gaunge"