Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trafo step-up dan step-down

 


Juraganacee.com - Transformator atau yang sering kita sebut trafo merupakan komponen penting dalam kelistrikan, trafo sangat di butuhkan untuk menaikan maupun menurunkan tegangan dalam instalasi kelistrikan baik itu untuk tegangan tinggi maupun tegangan rendah.

Di postingan saya kali ini kita akan membahas tentang transformator step-up dan step-down dalam skala kecil, jika dalam skala besar bentuk dan komponen yang di gunakan pasti juga besar sedangkan untuk skala kecil tentunya komponen yang di gunakan juga akan lebih kecil.

Seperti yang akan saya bahas tentang trafo step-up dan step-down berikut ini, fungsi trafo step-up adalah untuk menaikan tegangan sedangkan trafo step-down untuk menurunkan tegangan.

Dibawah ini adalah gambar trafo step-up dan step-down skala kecil yang bisa di gunakan untuk menghidupkan perangkat elektronik yang menggunakan tegangan 110 volt.

Trafo step-up dan step-down

Trafo ini dapat di gunakan sampai daya 1500 Watt, dan dapat  menghidupkan perangkat elektronik seperti AC bell up maupun perangkat lainya yang menggunakan tegangan 110 volt.

Trafo step-up mempunyai lilitan primer dan lilitan sekunder, dimana untuk trafo step-up lilitan sekunder lebih besar dari pada lilitan primernya, sedangkan untuk trafo step-down lilitan sekunder lebih kecil dari pada lilitan primernya.

Tetapi di jaman sekarang ini penggunaan trafo berukuran kecil seperti ini jarang di gunakan karena perangkat yang kita gunakan sudah menggunakan tegangan 220 volt jadi tidak lagi memerlukan trafo penaik tegangan, tidak seperti jaman dulu yang masih banyak perangkat elektronik yang menggunakan tegangan 110 volt terutama elektronik bell up dari Jepang dan Korea.

Ok sobatku semua demikian pembahasan singkat ini tentang trafo step-up dan step-down yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat dan selamat beraktifitas kembali. 


Posting Komentar untuk "Trafo step-up dan step-down"