Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara memperbaiki motor kipas angin

Juraganacee.com - cara memperbaiki motor kipas angin.
Dalam kondisi cuaca seperti sekarang ini, suhu udara berkisar diatas 35 derajat celcius membuat badan kita gerah, bagi orang-orang berduit AC menjadi solusi untuk membuat suhu ruangan menjadi dingin. Akan tetapi bagi mereka yang kurang mampu biasanya kipas anginlah yang menjadi alternatifnya.

Di artikel kali ini saya akan mengulas tentang motor kipas angin yang menjadi penggerak untuk memutar baling-baling sebuah kipas angin.

Ok gues kita langsung ke pembahasan pokok ya...!

Motor kipas angin



Motor kipas angin ini menggunakan tegangan AC 220V 50hz/60hz dengan kawat tembaga yang di lilitkan ke bagian stator sedangkan rotor adalah bagian mekanik yang berputar dan rotor ini tidak menggunakan lilitan sehingga tidak membutuhkan carbon brush seperti motor yang di gunakan dalam mesin bor beton maupun mesin gerinda.

Kerusakan yang sering terjadi pada motor kipas

  • Fuse putus. 
  • Kawat e-mail terbakar. 
  • Seal/laker aus/kotor.
  • Kapasitor lemah. 
  • Saklar rusak/tidak terhubung. 
Cara mengatasi kerusakan pada motor kipas
  • Fuse putus. 
Cara memperbaikinya adalah dengan membuka semua mekanik pada kipas angin anda, buka pada bagian kawat e-mail yaitu pada bagian luar di sambungan kabel dan kawat nya cek dan ambil Fuse tersebut dan ganti dengan yang baru. Anda bisa cek menggunakan multimeter, cek lah menggunakan multi ini antara bagian ujung dengan ujung lainya jika masih tersambung berarti kawat masih baik atau sebaliknya jika terputus anda harus ganti Fuse tersebut dengan yang baru. 

Atau jika tidak ingin mengganti Fuse dengan yang baru anda bisa langsung menyambung nya tanpa Fuse, akan tetapi dalam hal ini kawat e-mail tidak ada pengamannya sehingga jika terjadi konslet kawat akan terbakar atau rusak. 
  • Kawat e-mail terbakar
Untuk kerusakan seperti ini mau tidak mau anda harus menyepul ulang kawat emailnya, atau anda bisa mengganti motor kipas tersebut dengan motor yang baru, harga motor ini dipasaran sekitar 90rb untuk ukuran yang besar, sedangkan untuk ukuran yang kecil sekitar 65rb.


  • Seal aus/laker aus
Untuk kerusakan seal ini tergantung dari kerusakanya jika seal hanya kotor anda bisa melepas seal tersebut dan membersihkan ya sambil oleskan minyak Olie  atau paslin pada bagian seal nya. Jika kerusakan terjadi pada laker/atau lakernya kocak maka anda harus menggantinya dengan laker yang baru. 
  • Kapasitor lemah/mati
Untuk kerusakan ini anda tinggal mengganti dengan kapasitor yang baru, tanda kapasitor lemah biasanya setelah anda menghidupkan nya kipas tidak bisa star tetapi ketika anda putar menggunakan tangan kipas baru bisa berjalan, itu berarti tanda bahwa kapasitor lemah. 

Ukuran kapasitor pada kipas angin untuk ukuran yang besar biasanya sebesar 1,5mikro sedangkan yang kecil berkisar0, 9mikro.
  • Saklar putus
Kerusakan yang disebabkan oleh terputusnya di bagian saklar anda harus membuka casing bagian belakang, perhatikan di dalam bagian ini terdapat 4 saklar pemutus arus yang menuju ke kumparan motor.

Jika ada yang putus sambung kembali seperti semula, usahakan penyambungan baik dan tidak mudah putus lagi.

Untuk kipas angin yang berukuran kecil cara perbaikan dan perawatan ya sama dengan kipas yang berukuran besar, seperti contoh gambar berikut.


Kipas angin yang selanjutnya adalah kipas bertegangan DC,  tegangan ini bergantung dari space kipas tersebut ada yang bertegangan 9v, 12v dan lain-lain.


Jenis kipas yang menggunakan arus DC biasanya jika lilitan sudah mengalami short sebaiknya langsung ganti saja dengan yang baru karena jenis ini tidak bisa di Sepul ulang.

Ok sobatku semoga artikel tentang cara perbaikan motor kipas angin ini bermanfaat dan berguna bagi kalian semua, sampai berjumpa kembali di artikel saya selanjutnya.

Salam persahabatan selalu.


Posting Komentar untuk "Cara memperbaiki motor kipas angin"