Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masalah yang sering terjadi pada genset

 


Juraganacee.com - Generator set atau yang sering kita sebut genset merupakan pembangkit listrik alternatif yang biasa di gunakan di perusahaan,kantor-kantor,instansi pemerintahan,pabrik,apartemen,kampus,hotel dan masih banyak lagi. Genset menjadi tenaga listrik cadangan jika listrik PLN padam dan di postingan kali ini saya akan membahas tentang beberapa masalah yang sering terjadi pada genset.

Dan jika genset mengalami kerusakan tentunya kita akan sesegera mungkin untuk memperbaikinya agar jika terjadi pemadaman listrik secara mendadak genset siap untuk di gunakan untuk mengcover tenaga listrik cadangan agar tidak mengganggu jalanya aktifitas dalam sebuah gedung.

Di sini kita akan membahas tentang masalah- masalah apa saja  yang sering terjadi pada genset dan gejala-gejala apa saja yang sering terjadi pada genset ini.

Genset ada berbagai macam dari yang berbahan bakar gas,bensin,solar dan genset mini atau sering di sebut genset portable, semuanya itu membutuhkan perawatan agar genset tetap dalam kondisi baik.

Dan untuk itu kita harus sedikit banyak tahu dan paham tentang cara perawatan yang harus di lakukan untuk keawetan genset tersebut.

Di sini kita akan membahas tentang cara menganalisa kerusakan pada genset yang belum ada beban dan cara menganalisa genset yang sudah di beri beban.

Ok gues..kita langsung ke TKP 

Beberapa kemungkinan yang terjadi saat genset sudah di beri beban

  • Tegangan keluar tidak stabil, hal ini sering disebabkan oleh AVR yang rusak, terjadinya fluktuasi beban singkat,putaran mesin genset berkurang, beban yang tidak seimbang maupun keadaan dimana kapasitor bank mengalami kerusakan.
  • Tegangan keluaran mengalami penurunan ini bisa di sebabkan oleh beberapa hal seperti proteksi AVR yang berlebih, penurunan Rpm secara cepat, AVR mengalami kerusakan, beban kurang seimbang.
  • Reaksi beban terlalu lambat bisa di sebabkan oleh AVR yang rusak, rusaknya dioda penyearah, kesalahan pengaturan AVR.
  • Tegangan keluaran terlalu tinggi di sebabkan oleh beberapa faktor seperti adanya power faktor terlalu tinggi, beban tidak seimbang, pemasangan instalasi salah.
Beberapa kemungkinan yang terjadi saat genset belum di beri beban 
  • Tegangan genset tidak bisa keluar biasanya ini di sebabkan oleh AVR yang rusak, kabel stator yang bermasalah, hilangnya magnet pada genset, rusaknya dioda penyearah, putusnya lilitan excited genset, rusaknya pengukur voltmeter, varistor dalam kondisi rusak.
  • Tegangan terlalu tinggi di sebabkan oleh kecepatan mesin atau RPM terlalu tinggi, terlalu tinggi setelan tegangan, putusnya sensor AVR, AVR rusak.
  • Tegangan keluaran genset tidak stabil di sebabkan oleh AVR rusak, kebocoran gulungan isolasi sehingga tegangan tidak seimbang. Kesalahan pemasangan PMG, RPM tidak stabil.
Genset tidak bisa start
  • Baterai lemah atau mati.
  • Sambungan kabel bermasalah.
  • Saklar on/off tidak berfungsi dengan baik.
  • Bahan bakar genset kosong.
Ok sobatku demikian beberapa penyebab dan masalah yang sering terjadi pada mesin genset semoga postingan saya ini bermanfaat dan berguna untuk menambah pengetahuan kita semua, sampai berjumpa lagi di postingan saya selanjutnya.
Salam sukses selalu.



Posting Komentar untuk "Masalah yang sering terjadi pada genset"