Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi pipa kapiler pada mesin kulkas

Juraganacee.com - fungsi pipa kapiler pada mesin kulkas Itu sangat penting dan sangat vital. Pada bagian komponen dari mesin pendingin yang bertugas untuk menurunkan tekanan dan mengatur cairan refrigerant yang mengalir menuju evaporator ini harus memenuhi syarat dan tidak boleh berlebihan atau malah kurang panjang dan diameternya pun harus di sesuaikan dengan besar kecilnya kapasitas mesin pendingin yang di gunakan.

Diameter dari pipa kapiler tergantung dari kapasitas mesin pendingin yang di gunakan dan pada produk domestik refrigerator yang mengatur aliran  refrigerantnnya adalah pipa kapiler.




Pipa kapiler 
Sumber : juraganAcee

Penggunaan pipa kapiler pada mesin pendingin akan mempercepat waktu start. Dengan adanya pipa kapiler pada saat mesin tidak bekerja, tekanan pada kondensor dan evaporator cenderung sama tekanannya. Hal ini membuat kerja kompresor akan  menjadi lebih ringan saat start berlangsung.

Refrigerant saat keluar dari pipa kapiler dan sebelum masuk ke evaporator suhu tekanan yang ada lebih rendah dari suhu semula. Dan pada sistem pendingin Untuk menurunkan suhu refrigerant yang akan masuk ke evaporator biasanya menggunakan sistem heat exchange ( penukar panas). Yaitu dengan cara menempatkan sebagian pipa kapiler di tempelkan pada pipa hisap yang menuju ke kompresor.

Beberapa jenis mesin pendingin yang ada ukuran pipa kapiler nya biasanya menggunakan ukuran 0,26 - 0,4 inchi dan ini di sesuaikan dengan kompresi dari kompresor yang di gunakan agar tekanan dapat di sesuaikan dan mesin pendingin bisa berjalan dengan normal.

Selain itu jika pipa kapiler mengalami kebuntuan dan kita hendak menggantinya sebaiknya jika melakukan pembengkokan pipa kapiler harus dengan hati-hati jangan sampai menekuk terlalu tajam agar tidak merusak lubang pada pipa kapiler.

Beberapa manfaat dari penggunaan pipa kapiler pada mesin pendingin adalah :
  • Menurunkan suhu refrigerant cair yang menuju ke evaporator.
  • Membangkitkan tekanan refrigerantor di kondensor.
  • Mengatur jumlah refrigerant yang mengalir di pipa kapiler.

Baca juga : Tentang mesin pendingin

Pada umumnya dalam sistem pendingin selain menggunakan pipa kapiler ada juga yang menggunakan jenis kran ekspansi yang tugasnya juga sama dengan pipa kapiler yaitu mengatur aliran refrigerant dalam sistem pendingin.

Ok guys semoga artikel ini bermanfaat dan berguna bagi kita semua, selamat berjumpa kembali di artikel saya selanjutnya ya guys.
Salam dingin selalu.

Posting Komentar untuk "Fungsi pipa kapiler pada mesin kulkas"