Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mematikan AC jika Remot hilang

 

Juraganacee.com - Untuk mematikan atau menghidupkan AC kita biasa menggunakan Remot yang sudah ada sejak kita membeli AC tersebut, tetapi jika Remot AC tersebut hilang atau rusak tentu kita akan bingung bagaimana cara mematikan atau menghidupkan AC tersebut.

Apalagi jika kita tidak tahu cara menghidupkan atau mematikan AC tersebut secara manual, nah bagi sobat yang belum tahu cara mematikan atau menghidupkan AC secara manual silahkan baca artikel ini sampai habis ya..!

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk bisa mematikan ataupun menghidupkan AC yang anda miliki adalah dengan cara mengetahui letak tombol manual di bagian indoor unit.

Karena letak tombol berada pada indoor unitnya bukan di outdoornya, dan perlu anda ketahui di setiap merk AC letak tombol manual ini tidak semuanya sama.

Jadi sebelum anda bisa menggunakannya kenali dahulu letak tombolnya ya guys!

Di sebagian merk AC letak tombol ini ada yang berada di bagian depan yaitu di bagian bawah bersebelahan dengan lampu indikator AC, ada juga yang berada pada bagian dalam, dan untuk bagian dalam ini kita harus membuka dulu penutup casingnya baru kita bisa melihat tombol manual tersebut.

Utuk lebih jelasnya silahkan ikuti petunjuk berikut ini:

Cara melihat tombol manual AC split di bagian depan bersebelahan dengan indikator AC

Jika anda menggunakan AC merk daikin,Samsung,LG,Toshiba tombol manualnya biasanya berada pada bagian depan dan bersebelahan dengan lampu indikator AC, cara mematikan atau menghidupkannya adalah dengan cara menekan tombol tersebut sampai berbunyi beep! Dan AC anda akan hidup sendiri dan jika di tekan sekali lagi AC anda akan mati sendiri.

Cara melihat tombol manual di dalam casing indoor AC 

Tombol manual selanjutnya adalah berada pada bagian dalam, untuk melihatnya anda harus membuka penutup filter AC yaitu dengan cara membuka di bagian kedua pojok penutup AC tersebut dan menariknya keluar  sampai terdengar bunyi klik dan perhatikan di bagian kanan disitu terdapat lubang kecil dan di dalamnya terdapat tombol kecil nah tombol itulah tombol manual untuk menghidupkan maupun mematikan AC secara manual.

Tombol seperti ini biasanya terdapat di merk AC seperti panasonic,Sharp,Gree,Polytron,national,Changhong dan lain-lain.

Perlu untuk anda perhatikan terkadang tombol manual tersebut tidak kelihatan karena tersembunyi di balik lubang kecil sehingga kita butuh obeng kecil untuk menekannya.

Ok guys!

Jadi kesimpulannya jangan panik dulu ya! Jika Remot anda hilang atau rusak masih ada cara lain untuk bisa menghidupkan AC maupun mematikannya yaitu dengan cara seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

O..ya perlu anda ketahui cara-cara seperti yang sudah saya jelaskan di atas ada kelemahannya ya guys, yaitu kita tidak bisa mensetting setelan suhu dan fitur-fitur lainnya ya guys, karena memang itu hanya untuk on/off saja, sedangkan pengaturan suhu mengikuti settingan terakhir pada saat ac dimatikan.

Ok guys! Demikianlah cara-cara yang bisa anda lakukan jika Remot anda hilang atau rusak, semoga artikel ini bermanfaat ya.

Sampai berjumpa kembali di artikel-artikel saya selanjutnya.

Salam.

Posting Komentar untuk "Cara mematikan AC jika Remot hilang"