Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Gear Box pada Mesin Cuci 2 Tabung

JuraganAcee - fungsi gear box pada mesin cuci 2 tabung bisa dikatakan sangat vital karena tanpa adanya komponen ini mesin cuci tidak akan bisa berjalan dengan normal. Posisi gear box ini berada di bawah tabung pencucian.


Seperti pada gambar di atas, bisa kita lihat adanya fanbelt yang menghubungkan dengan komponen lain yaitu motor penggerak atau dinamo motor pencucian, gear box ini di desain khusus dengan diberi seal pada permukaanya yang berfungsi untuk menahan air agar tidak turun ke bawah mengenai gear box itu sendiri.

Cara kerja gear box pada mesin cuci.

Setelah mesin cuci memulai proses pencucian, motor penggerak akan berputar ke kanan dan kekiri secara bergantian maka motor ini akan menarik fanbelt yang di kaitkan dengan gear box sehingga gear box akan ikut berputar dan memutar juga pulsator yang berhubungan dengan gear box tadi.

Proses ini akan berjalan terus menerus sampai timer mesin cuci berhenti karena telah berputar sesuai putaran yang kita kehendaki.

Secara garis besar gear box berfungsi sebagai penghubung antara motor dan pulsator pada mesin cuci.

Kerusakan yang sering terjadi pada gear box.

Kerusakan yang sering terjadi pada gear box ini adalah ausnya seal pada permukaan gear box yang mengakibatkan menetes nya air dari drum cucian mengenai gear box.

Jika ini dibiar kan maka akan membuat air berkurang pada drum pencucian atau gear box akan terkena air  sehingga membuat gear box cepat rusak.

Jadi untuk itu teman-teman harus memperhatikan jika ada tetesan atau rembesan air pada gear box itu adalah karena bocornya seal karet pada gear box dan harus segera di ganti dengan yang baru.

Tips mengganti gear box yang rusak.

Sebelum mengganti atau membeli gear box ini kita harus melepaskan dulu gear box yang rusak tadi untuk contoh saat pembelian gear box yang baru karena di setiap merk mesin cuci gear box ini tidak selalu sama.

Ada beberapa jenis gear box yang di jual di pasaran jadi kita harus memperhatikan nya jangan sampai kita salah beli..!

Mubadirkan bro...

Sobat semua harus memperhatikan saat melepas komponen ini karena cukup sulit untuk melepasnya, dan jika kita mengingat-ingat cara melepasnya kita juga akan enak untuk memasangnya kembali.

Ok..mas. Bro..saya rasa cukup sekian artikel kali ini lain waktu kita sambung lagi dengan artikel yang lainya sekian dan terimakasih telah berkunjung ke blog ini.

Salam.

Posting Komentar untuk "Fungsi Gear Box pada Mesin Cuci 2 Tabung"