Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Flusing Pipa AC Mampet

JuraganAcee - Mengatasi pipa AC mampet cukup mudah jika kita sudah mengetahui jalur pemipaan pada AC ,jika kita tidak mengetahui tentu akan kesulitan,karena kita tidak tahu bagian mana saja yang akan kita kerjakan.

Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang beberapa cara atau salah satu cara agar sirkulasi refrigerant pada AC bisa lancar seperti semula,atau paling tidak sirkulasi tersebut tidak  mengalami k ebuntuan yang bisa menghambat proses pendinginan pada AC.

Untuk bisa mengeluarkan kotoran yang ada pada jalur pipa AC sebenarnya bisa dengan cara menurunkan semua komponen AC ,baik indor dan outdor unit,agar pengerjaan bisa maksimal.

Tapi hal ini bisa membuat ongkos pengerjaan menjadi mahal, karena semua komponen di turunkan.nah disini saya akan memberikan atau sharing cara praktis mengeluarkan kotoran pada pipa AC dengan cara mudah dan efisien.


Alat yang di butuhkan sebagai berikut:
  1. Pompa kompresor bekas yang sudah di modif.
  2. Manipol.
  3. Metil/thoheson
  4. Kunci Inggris.
  5. Rol kabel.
Cara pengerjaan.
  • AC kita hidupkan 
  • Tunggu beberapa saat dan kita  pumpdown terlebih dahulu dengan cara masukan manipol ke pentil pengisian yang berwarna biru,buang sedikit udara dengan membuka kran sedikit,kemudian tutup lagi.Setelah itu tutup kran Valve 2way atau pipa kecil menggunakan kunci L sambil melihat manipol kemudian jika jarum manipol sudah menyentuh angka 0 cepat tutup pipa besar atau 3way valve.
  • Lepas pipa tekan dan pipa hisap dari outdor unit.
  • Pasang lah sambungan naple yang sudah di modif seperti gambar berikut.

Pada pipa tekan sambungkan antara manipol selang warna biru dan yang satunya ke pipa tekan.
  • Sambungkan selang warna kuning pada manipol ke pipa tekan kompresor yang sudah di modif.
  • Hidupkan kompresor yang sudah di modif tadi dan buka kran.hal ini akan terjadi angin dari kompresor akan menekan kotoran di dalam pipa tekan menuju ke indor dan ke pipa hisap sampai ke ujung,sambil kita tutup pipa hisap dan lepaskan secara berulang -ulang ,kemudian untuk lebih memaksimalkan pekerjaan kita masukan thoheson ke dalam manipol dengan cara membuka selang pada warna biru di manipol,masukan thoheson sedikit demi sedikit dan ualngi cara di atas secara berulang-ulnang sampai kotoran bersih dari pipa instalasi pada AC tersebut.
  • Setelah kotoran keluar semua pemipaan kita pasang lagi seperti semula ( alangkah baiknya flaring pada pipa tekan dan hisap kita perbaharui dengan memotong dan kita buat yang baru).
  • Setelah semua sudah kita pasang lakukan vakum dan kita bisa membuka kran pipa tekan dan hisap sehingga freon akan bersirkulasi seperti semula.
  • Pekerjaan selesai.
Cara-cara di atas bisa anda gunakan untuk membersihkan semua kotoran dan debu yang ada di dalam pipa AC terutama pipa yang sudah lama di gunakan.

Sedangkan untuk membersihkan kotoran yang ada di kondensor terlebih dahulu kita harus melepasnya dari unit agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Ok guys! Pada postingan selanjutnya mungkin kita akan mengulas lagi tentang cara flusing kondensor pada outdoor unit.

Demikianlah artikel saya kali ini tentang cara flusing pipa AC semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang sedang membutuhkan informasi tentang cara membersihkan kotoran dan debu pada pipa AC split.

Selamat beraktifitas kembali dan salam dingin.

Posting Komentar untuk "Cara Flusing Pipa AC Mampet"