Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi dan Cara Kerja Door Lock Mesin Cuci Front Loading

Juraganacee.com - selamat berjumpa kembali di blog ini, semoga sobat semua tetap dalam keadaan sehat dan tetap semangat menjalani aktifitas  kita sehari-hari.

Untuk sobat semua jangan lupa tetap bersyukur dan terus berusaha menggapai cita-cita kita sampai bisa membahagiakan ortu dan keluarga yang kita cintai.

Ok...sobat semua..!

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Door lock mesin cuci front loading.

Fungsi dari door lock adalah sebagai pengaman dari gangguan antara lain jika anak kecil membuka pintu mesin cuci saat proses pencucian berjalan

Jenis door lock mesin cuci front loading biasanya menggunakan door lock 3 kabel dan 4 kabel, kedua jenis ini yang biasa di gunakan sebagai pengunci pintu mesin cuci jenis pintu depan atau front loading.

Di artikel ini saya hanya akan membahas tentang Door lock 3 kabel saja untuk yang 4 kabel mungkin di lain waktu akan saya bahas lagi.

Ok langsung sobat ke TKP...

Door lock 3 kabel

Model ini menggunakan 3 socket kabel yaitu:
  1. Line.
  2. Netral.
  3. Out netral.

Line : jalur melalui relay atau triac (saklar).
Netral : jalur netral.
Out netral : jalur keluar netral menuju modul kontrol.

Perlu teman-teman ketahui setiap merk tidak selalu sama letak socket nya tergantung dari masing-masing pabrikannya.

Tapi yang tidak kalah penting adalah bagian plat plastik  yang berada di tengah yang bisa bergerak maju mundur,plat ini akan bergerak maju atau mundur  terkena pengait pintu  yang menonjol. Jika pintu ditutup maka pengait akan mendorong plat plastik   maju atau mundur kemudian pintu akan terkunci atau membuka sesuai perintah modul.

Cara memeriksa door lock masih bagus atau tidak 

Jika ingin mengetes komponen ini maka lepaskan dari semua jalur kabelnya,jika sudah terlepas kemudian ukur antara ketiga kabel menggunakan alat ukur multimeter perhatikan hambatan yang menunjukan ada nya hambatan tertentu lalu tandai kedua kabel tersebut sebagai kabel yang dihubungkan ke listrik.

Kemudian geser lah plat plastik sehingga tonjolan plat plastik terlihat dan tahan kemudian hubungkan kedua kabel yang sudah kita tandai ke listrik.

Tunggu sampai ada bunyi klik dan pengunci menyembul mengunci plat plastik

Kemudian cabut hubungan listriknya dan ukur antar kabel jika ada dua kabel hambatannya 0 ohm berarti door lock normal.

Kerusakan yang sering terjadi

Kerusakan pada komponen ini biasanya pecahnya plat plastik atau gaya pegas plat nya sudah kendor atau tidak kuat lagi menahan maju mundurnya plat plastik di dalam door lock.bis a juga karena PTC nya rusak.


Cara memperbaikinya

Jika kerusakan muncul karena adanya karat pada lempengan yang berada pada door lock maka masih bisa di perbaiki dengan cara membersihkannya tetapi harus berhati-hati karena harus ahli dan berpengalaman.

Karena jika kurang berhati-hati akibat nya akan fatal yaitu semakin parah rusaknya dan malah tidak bisa di perbaiki lagi.

Demikianlah artikel kita kali ini tentang fungsi atau cara kerja dari door lock pada mesin cuci front loading 3 kabel, untuk jenis 4 kabel akan saya posting di lain waktu, semoga bermanfaat. 

14 komentar untuk "Fungsi dan Cara Kerja Door Lock Mesin Cuci Front Loading"

  1. bos mesin cuci sy samaung pintu depan eror de swift pintunya sdh di ganti sudah di coba langsung listrik normal tp ketika di pasang tetap eror de trs kabel pintu 3 pin ketika di start di tes pen ada tegangan listeiknya semua kira2 apanya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi door switch rusak coba ganti dgn yg baru..gan..atau jika bisa memperbaiki door switch coba perbaiki Krn biasanya masih bisa di lakukan perbaikan jika faham caranya

      Hapus
  2. Mc LG front loading 7kg model yg tidak ada screen display nya cuma lampu indikator aja.
    Problem tidak bisa kerja sama sekali. Saat di tombol start tidak ada respons , lalu beberapa detik lampu indokator nyala semua/blinking.
    Apakah itu ciri ciri kerusakan door lock switch gan?
    Trm kasih atas jwbn nya,smoga agan sehat sll , dan sll dapat keberkahan dr ALLAH SWT.aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kerusakan seperti itu biasanya modul nya yg bermasalah ..coba bongkar dan periksa PCB dan jalur2 nya ada yg putus atau korosi ..

      Hapus
  3. Kl dinyalakan semua lampu nyala trs bunyi..pintu juga tidak bs terkunci..apa juga krn door lock??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan doorlock tapi modul eror..itu mas..buka dan periksa modulnya

      Hapus
  4. Sore bos..mesin cuci saya Samsung pintu depan muncul indikator DC terus..sdh diganti dengan type yg sama begitu dicoba masih muncul DC lagi, mohon solusinya dong...terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastikan penyambungan kabel benar ..dan periksa koneksinya sampai ke modul siapa tahu ada yg putus di jalan atau socket kurang pas..atau periksa jalur doorlock di modulnya mas ..siapa tahu bermasalah atau ada yg putus..

      Hapus
  5. Saya ada lg begitu door lock bekerja mcb lgs ngetrip
    Kira kira apa nya gan

    BalasHapus
  6. Saya ada lg begitu door lock bekerja mcb lgs trip
    Kira kira masalah nya dimana gan

    BalasHapus
  7. Doorswitch sdh ganti baru..jalur dan kabel tidak ada yg putus tapi tetap muncul kode DE pada mesin cuci samsung frontloading .kira kira masalahnya dmn ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek modul di jalur door switch nya mas biasanya di situ bermasalah

      Hapus