Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Kerja Motor Timer Kulkas 2 Pintu

Komponen motor timer yang berada di kulkas 2 pintu merupakan komponen yang sangat penting karena komponen ini lah yang berfungsi sebagai pemindah arus dari proses mendinginkan hingga mencairkan es di evaporator.


Cara menentukan kaki timer motor kulkas 2 pintu bisa kita lakukan dengan cara-cara seperti yang akan saya sebutkan di bawah ini dan bagi sobat yang akan membutuhkan informasi ini simak terus penjelasan saya ya guys!

Di dalam kelistrikan kulkas 2 pintu banyak kita temukan adanya penggunaan timer 1-3 maupun timer 1-4, oleh sebab itu kita di tuntut untuk bisa mengetahui sistem atau cara kerja dari motor timer ini.

Motor timer ini berguna sebagai penggerak atau sebagai pemindah arus dari sistem kerja dari kulkas terutama kulkas 2 pintu. Perlu kita ketahui bahwa timer ini hanya di gunakan pada kelistrikan kulkas 2 pintu saja sedangkan untuk kulkas 1 pintu tidak menggunakan timer ini.

Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan tentang cara kerja dan ciri-ciri timer kulkas pin 1-3 sedang kan pin 1-4 akan saya jelaskan pada postingan yang akan datang.

Ciri-ciri motor timer 1-3

Pin yang berada pada timer ini ada 4 buah pin yaitu :
  • Pin 1
  • Pin 2
  • Pin 3
  • Pin 4
Jika pada timer kita balik maka akan terlihat tanda atau tulisan pin tersebut, dan diatasnya tulisan tersebut terdapat setelan putaran untuk melihat atau memeriksa kerja dari timer tersebut.

Motor timer 1-3 dapat kita ketahui dengan cara mengukur atau dengan memberi tegangan pada terminal 1 dan 3. Jika terminal 1 dan 3  kita alirkan arus PLN maka motor timer akan berputar dan dapat kita ketahui dengan adanya getaran di motor timer tersebut atau dapat kita lihat pada samping box timer adanya roda gigi yang berputar.

Jika tidak ada getaran atau roda gigi yang berputar dapat di pastikan timer tersebut dalam keadaan rusak. 

Jika kita ukur dengan satuan ohm meter antara pin 1 dan 3 akan menunjukan nilai tertentu yang itu menandakan adanya hubungan lilitan pada timer tersebut. Dibawah ini adalah contoh timer pin 1-3.


Cara kerja timer 1-3

Telah kita ketahui bahwa pin 1 dan 3 adalah motor atau penggerak dari timer, maka jika kita alirkan arus maka motor akan berputar dan pin 4 akan mendapat arus dari pin 3 maka kompresor akan bekerja mendinginkan evaporator selama kira-kira 8 jam kemudian tuas timer akan berpindah ke pin 2 untuk menjalankan heater mencairkan es yang berada pada evaporator dengan menghidupkan heater yang terpasang pada kisi-kisi evaporator.

Pencairan es oleh heater ini berjalan kira-kira selama 35 menit dan setelah itu tuas akan kembali lagi ke pin 4 untuk menjalankan kompresor kembali, dan proses ini akan berjalan terus menerus selama kulkas dihidupkan.

Komponen yang berada setelah jalur pin 4 dan sebelum sampai ke kompresor terdapat beberapa komponen seperti kapasitor dan pengaman kompresor, sedangkan di bawah jalur pin 2 terdapat komponen  sensor Thermo dan pemanas.

Di bawah ini adalah video tentang cara melihat atau mengenali ciri - ciri timer yang masih bagus atau rusak.

Video YouTube tentang motor timer



Penggunaan motor timer 1-3 banyak kita jumpai pada kulkas 2 pintu merk Samsung LG Toshiba dan panasonic.  Sedangkan timer 1-4 biasanya ada pada kulkas 2 pintu merk sharp.

Demikianlah pembahasan kali ini tentang ciri-ciri motor timer yang berada pada kelistrikan kulkas 2 pintu semoga bermanfaat dan berguna bagi kita semua.

Salam dingin.

3 komentar untuk "Cara Kerja Motor Timer Kulkas 2 Pintu"

  1. untuk yang 1-4 gmn pak cara kerjanya?

    BalasHapus
  2. Kulkas saya. Sharp 2 pintu udah ganti timer dan defrost hidup cuma semalam aja terus tak mau hidup lagi mohon solusinya boss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang gak hidup kulkasnya apa timernya mas?

      Hapus