Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bolehkah indoor dan outdoor beda merk

 Juraganacee - Bolehkah menggunakan indoor dan outdoor yang berbeda untuk AC split di rumah kita? Jawabannya adalah boleh.

Pada intinya kita bisa menggunakan indoor dan outdoor yang berbeda tetapi dengan ketentuan seperti yang akan saya jelaskan di bawah ini.



Syarat untuk menggunakan indoor dan outdoor yang berbeda merk adalah :

  • Sama kapasitas nya.
  • Sama-sama menggunakan freon yang sejenis.
  • Sama-sama AC konvensional (standart)
Sebagai contoh kita mempunyai indoor merk Daikin ukuran 1pk dan outdoor nya sudah rusak dan tidak bisa di pakai lagi, maka kita bisa mencarikan outdoor ukuran 1pk dengan merk yang berbeda asalkan masih sama ukuranya dan jenis freon yang sama.

Kenapa harus sama kapasitasnya?

Alasannya adalah jika ukuran indoor dan outdoor tidak sama itu akan membuat tekanan dalam sistem tidak balance atau bisa di katakan tidak kompetable, sebagai contoh jika indoor 0,5pk di pasangkan dengan outdoor 1pk maka indoor tidak akan bisa bertahan lama karena tekanan press dari kompresor 1pk lebih besar dari tekanan kompresor 0,5pk.

Dengan alasan itulah maka saya tidak merekomendasikan pemasangan ac yang berbeda ukuran kapasitasnya. Jika itu di paksakan cepat atau lambat akan merusak AC tersebut.

AC konvensional dengan AC inverter


AC konvensional tidak bisa di pasangkan dengan AC inverter, kedua AC ini sangatlah berbeda dari segi kelistrikan dan power Sully yang digunakan tidak cocok untuk di kanibal antara keduanya.

Jangankan antara AC konvensional dengan inverter , AC inverter  di pasangkan dengan inverter tetapi menggunkan merk lain belum tentu bisa cocok, karena setiap merk biasanya menggunkan teknologi yang berbeda sehingga tidak akan selalu sama antara inverter yang satu dengan yang lainya.

Jika akan mengganti indoor atau outdoor inverter usahakan menggunakan jenis dan model yang sama 

AC 1pk di pasangkan dengan AC 1,5pk


Jika kita akan menggunakan AC yang berbeda ukuran kapasitasnya  sebagai contoh AC 1pk akan di pasangkan dengan 1,5pk maka itu bisa di pasangkan asalkan dengan konsekuensi dan mau menerima resikonya di kemudian hari.

Hal yang perlu diperhatikan adalah harus memodifikasi ukuran pipa hisapnya yaitu dari ukuran 3/8 di ubah ke ukuran 1/2.

Kesimpulan


Pada inti nya sah-sah saja kita menggunakan merk yang berbed a asalkan memperhatikan dan mempertimbangkan resiko di kemudian hari , dan di pasaran pun kita tidak bisa membeli AC hanya dengan membeli indoor saja atau oudoor saja, jadi untuk mengatasi hal tersebut cara-cara  diatas merupakan alternatif yang  bisa kita ambil.

Demikian lah postingan tentang bolehkah kita menggunakan merk AC yang berbeda untuk AC split di rumah kita.
Semoga bermanfaat dan salam sukses!






Posting Komentar untuk "Bolehkah indoor dan outdoor beda merk"