Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbaikan trafo rusak

 


Juraganacee.com - trafo merupakan salah satu komponen elektronika yang sangat penting, komponen ini banyak kita jumpai hampir di semua peralatan elektronik di rumah kita, fungsi trafo sendiri adalah sebagai penurun tegangan ataupun menaikan tegangan, tergantung kebutuhan yang di butuhkan rangkaian elektronik nya.

Pada umumnya trafo merupakan perangkat penting dalam setiap rangkaian jaringan listrik yang digunakan untuk mengubah tegangan AC bolak-balik ke tegangan AC lainya tanpa adanya kontak fisik tanpa terjadi perubahan karateristik fase dan frekuensinya.

Pengubahan level tegangan AC tersebut terjadi karena adanya induksi elektromagnetik antara kumparan primer dan sekunder.

Di postingan kali ini saya akan memberikan sedikit gambaran tentang cara perbaikan trafo berskala kecil, sebagai contoh trafo ukuran dibawah 5 ampere  jenis CT.

Cara perbaikan trafo rusak

Jika sobat semua ingin atau berniat memperbaiki trafo pelajari dulu cara membongkar trafo dan mengingat semua terminal yang ada di trafo tersebut agar kedepannya tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan, seperti lupa letak terminalnya atau salah dalam penempatan terminal lilitan.

Jadi harap di ingat letak semua pin dari pin 12 ,18 ,24 ,32 setiap pin tersebut merupakan voltase yang bisa digunakan, dan semua pin ini sepasang sepasang karena trafo ini jenisnya CT, dan di tambah pin 0 sebagai CT nya.

Biasanya trafo jenis CT ini letak PINnya berpasang-pasangan mulai dari kiri atas adalah 18,12,CT,12,18 kemudian di bagian bawah 25,32,-,32,25.



Note : Harus di ingat-ingat atau di tulis agar tidak salah dalam penempatan terminal trafo.

Sebelum melakukan perbaikan kenali kerusakan yang terjadi, jika trafo mengalami panas yang berlebihan itu disebabkan adanya korsleting antar lilitan primer atau bisa juga karena korsleting pada beban.

Untuk memastikan panas  trafo yang berlebihan itu disebabkan  oleh trafo yang rusak atau Beban yang rusak adalah dengan melepas beban terlebih dahulu dari rangkaian, kemudian beri tegangan ke lilitan primer dan perhatikan jika trafo cepat panas berarti lilitan ada yang short.

Jika terjadi trafo bergetar itu di sebabkan karena adanya korsleting di lilitan sekundernya.

Langkah perbaikan trafo

  • Bongkar trafo.
  • Periksa semua lilitan primer dan sekundernya.
  • Jika terjadi korsleting ditandai dengan adanya bau hangus atau lilitan hangus bekas terbakar.
  • Jika lilitan terbakar ganti dengan yang baru sesuai ukuran aslinya dengan sama besar penampangnya dan sama panjangnya.
  • Ukur panjang lilitan dan diameter nya ganti kedua lilitan yaitu primer dan sekunder jika di perlukan.
  • Aturlah semua letak pin voltase pada semua lilitan dan jangan sampai salah dalam penempatannya.
  • Jika sudah terpasang semua lilitan seperti semula pekerjaan sudah selesai.
Untuk mengetahui panjang lilitan kita bisa  menggunakan halaman rumah kita jika ada 2 buah pohon yang agak berdekatan kita bisa menggunakannya untuk mencari tahu dengan cara melilitkan lilitan trafo tersebut ke kedua pohon di halaman rumah kita.

Panjang lilitan primer lebih panjang dibandingkan dengan yang lilitan sekundernya, perlu sobat ketahui jumlah lilitan biasanya sampai 2000 gulungan untuk tegangan primer 220v.

Jika trafo mengalami kerusakan mati total caranya seperti langkah-langkah diatasi dengan mengganti semua lilitan dengan yang baru .

Jika sudah selesai pekerjaan lakukan pengujian dengan alat ukur seperti multimeter atau yang ampere, apakah ada kebocoran tegangan atau tidak jika sudah normal dan tidak ada kebocoran tegangan trafo siap digunakan.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa kembali di postingan saya selanjutnya.

Salam persahabatan.

2 komentar untuk "Perbaikan trafo rusak"

  1. Mau tanya om, trafo kalo di hubungkan ke listrik trus mcb langsung jeglek itu apa sudah rusak

    BalasHapus