Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara kerja overload kompresor kulkas 2 pintu

 


Juraganacee. Fungsi utama dari komponen overload kompresor kulkas 2 pintu adalah memutuskan aliran listrik ke kompresor jika suhu panas kompresor melebihi batas normal.

Secara garis besar overload ini adalah berfungsi sebagai pengaman kompresor, untuk melindungi kompresor dari overheating maka arus sebelum masuk ke kompresor di taruhlah komponen overload ini.

Dalam banyak kasus kulkas 2 pintu maupun 1 pintu tidak dingin bisa di sebabkan oleh rusaknya overload, untuk itu dalam perbaikan kulkas 2 pintu maupun 1 pintu jangan lupa untuk memeriksa komponen yang satu ini.

Posisi overload pada kulkas 2 pintu/1 pintu

Posisi overload menempel pada body kompresor.sistem kerjanya menggunakan bimetal yang di pengaruhi oleh suhu panas di body kompresor. Jika suhu normal bimetal dalam posisi terhubung dan jika suhu di sekitar body kompresor overheat maka bimetal akan memutus arus menuju kompresor.

Kerusakan yang sering terjadi pada overload

  • Overload keropos atau berkarat.
  • Overload kotor karena debu.
  • Bimetal dalam overload rusak atau tidak berfungsi dengan baik.
  • Overload pecah/body overload pecah.

Solusi jika overload rusak

Jika overload mengalami kerusakan seperti yang saya sebutkan diatas solusinya adalah ganti overload dengan yang baru kecuali jika hanya mengalami kotor atau terminal overload longgar kita masih bisa membersihkan dan merapatkan kembali terminal overload dan pasangkan kembali.

Overload digunakan pada setiap kompresor pendingin seperti pada kompresor AC,kulkas,freezer box dan mesin-mesin lainya.

Jenis overload

  • Overload menempel pada body kompresor.
  • Overload tanam dalam kompresor.
Untuk jenis overload yang menempel pada body kompresor jika mengalami kerusakan kita masih bisa mengganti dengan yang baru, akan tetapi untuk jenis yang tertanam dalam kompresor kita tidak bisa menggantinya karena letaknya ada dalam kompresor.

Kerusakan overload tanam dalam kompresor jarang terjadi kerusakan biasanya bukan pada overload nya yang rusak tetapi karena gulungan atau lilitan dalam kompresor lah yang sudah terbakar.

Untuk lebih jelasnya silahkan simak video YouTube juraganacee berikut ini.





Demikian sobat semua pembahasan kita kali ini semoga bermanfaat dan berguna untuk sobat semua. Selamat beraktifitas dan salam sukses selalu.

2 komentar untuk "Cara kerja overload kompresor kulkas 2 pintu"

  1. Boleh di infokan kalau bisa perbaiki regulator transformer yang rusak ?
    ada kontak telp nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Regulator tranformer untuk alat apa gan?

      Hapus