Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara kerja timer mesin cuci 2 tabung

 Juraganacee . Halo sobat semua! Gimana kabarnya nih? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan bisa menjalankan aktifitas seperti biasanya.

Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang cara kerja timer mesin cuci 2 tabung dan cara pengecekan nya.

Mesin cuci model 2 tabung menggunakan 2 jenis timer yaitu timer pencucian dan timer pengeringan.

Kedua timer ini mempunyai fungsi yang berbeda, dan bentuk fisik keduanya pun sedikit berbeda, dimana kedua timer ini akan bekerja setelah kita memutar timer tersebut ke arah kanan atau searah jarum jam.

Untuk jenis timer pencucian biasanya berbeda-beda tergantung merk dari produsen pembuat mesin cuci tersebut, ada yang menggunakan 5 kabel dan 6 kabel keluaran dari timer tersebut.

Sedangkan untuk timer pengering biasanya setiap merk mesin cuci akan sama yaitu hanya menggunakan 2 kabel.

Cara kerja Timer pencucian ( timer wash )



Timer ini akan bekerja setelah kita memutar tuas pada bagian atas timer ke arah kanan, arus 220v akan masuk ke plat penghubung yang ada pada timer kemudian di hubungkan secara bergantian oleh plat yang didalamnya terdapat roda gigi yang berputar untuk menghubungkan plat-plat tersebut, waktu yang dibutuhkan tergantung pemutaran timer yang di lakukan.
Motor mesin cuci akan berputar ke kanan dan kekiri secara bergantian.

Cara kerja timer pengering


Timer ini akan bekerja setelah tuas di putar kekanan searah jarum jam, seperti pada timer pencucian roda gigi di dalam timer akan berputar untuk menggerakkan plat yang berada di dalam timer menghubungkan arus untuk selanjutnya di teruskan ke motor mesin cuci. Timer pengering ini sedikit berbeda dengan timer pencucian, timer hanya akan menghubungkan selama timer berputar dan akan berhenti setelah timer tidak berputar 

Jadi kedua timer tersebut mempunyai fungsi yang berbeda dan tidak bisa di gunakan terbalik atau timer pencuci di gunakan untuk pengering maupun sebaliknya.
Catatan : untuk pemakaian timer  yang lebih lama jangan memutar timer ke arah kiri, jika sudah di putar ke kanan biarkan timer sampai berhenti sendiri.

Kerusakan yang sering terjadi pada timer

  • Body timer pecah.
  • Plat dalam timer berkerak.
  • Roda gigi timer patah.
  • Timer kemasukan binatang kecil ( semut ).
Jika terjadi kerusakan seperti yang saya sebutkan di atas sebaiknya ganti lah timer dengan yang baru karena untuk perbaikan nya akan sangat sulit di sebabkan karena bagian dalam timer terlalu kecil jadi kita akan kesulitan untuk 4memperbaikinya.

Semoga tutorial ini bermanfaat dan sampai berjumpa lagi di postingan saya selanjutnya.

Salam persahabatan.


Posting Komentar untuk "Cara kerja timer mesin cuci 2 tabung"